BENTUK PENGGUNAAN KESALAHAN FONEMIK DALAM PRESENTASI MAKALAH MAHASISWA PRODI PGSD STKIP AL AMIN DOMPU TAHUN 2022

Authors

  • Adiprasetio Prabowo STKIP Al Amin Dompu

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.368

Abstract

Artikel ini membahas penggunaan kesalahan fonemik dalam presentasi makalah mahasiswa Prodi PGSD STKIP Al Amin Dompu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, metode simak, metode cakap (wawancara). Metode analisis data yang dilakukan adalah mengumpulkan sampel kesalahan, mengidentifikasi kesalahan, menjelaskan kesalahan, mengklasifikasi kesalahan, mengevaluasi kesalahan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil simpulan: bahwa ditemukan tiga kesalahan fonemik diantaranya perubahan fonem, penambahan fonem dan pengilangan fonem. Adapun jenis kesalahan  yang paling banyak ditemukan adalah perubahan fonem sebanyak 17. Letak kesalahan yang paling banyak ditemukan yaitu pada tengah kata. Kesalahan fonemik yang terjadi disebabkan beberapa faktor yaitu; 1) interferensi bahasa daerah, 2) kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang bahasa Indonesia baku dan tidak baku, 3) pengaruh penggunaan bahasa gaul atau bahasa slang, 4) kekeliruan, 5) pengaruh istilah asing, 6) kurangnya kemampuan melafalkan istilah-istilah baru, 7) Kebiasaan, 8) faktor intertekstual.

Kata kunci: kesalahan fonemik, penyebab kesalahan fonemik.

References

Arifin, Z., dan Junaiyah. 2009. Morfologi. Jakarta: Gramedia.

Chaer, A. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Endarmoko, E. 2009. Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Hadi, S. 2015. Kata-Kata Arab dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Ismawati, E. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Lubis, A. Hamid H. 1993. Jenggala Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa Bandung.

Mahmud. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mahsun. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.

Marsono. 2013. Fonetik. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Masmaulana, Ade P. 2015. Analisis Kesalahan Fonetis dalam Interaksi Belajar Siswa Kelas VII SMP N 9 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Mataram: Mataram.

Muhaimah. 2014. Analisis Kesalahan Fonologi dalam Wacana Lisan Siswa Kelas IV SDN 3 Gunung Sari Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Mataram: Mataram.

Muslich, M. 2009. Tata Bentuk Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, M. 2010. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhidayati. 2010. Analisis Kesalahan Fonologis Bahasa Indonesia dalam Percakapan Siswa Kelas II Mts Shirothol Mustaqim Tanaq Beak Batukliang Utara Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Mataram: Mataram.

Ramlan. 2009. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: Karyono.

Samsuri. 1985. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Setyawati, N. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Siswanto, dkk. 2012. Pengantar Fonologi. Surakarta: Cakrawala Media.

Soeparno. 2013. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Adiprasetio Prabowo. (2022). BENTUK PENGGUNAAN KESALAHAN FONEMIK DALAM PRESENTASI MAKALAH MAHASISWA PRODI PGSD STKIP AL AMIN DOMPU TAHUN 2022. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 197–211. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.368