ANALISIS KESALAHAN PENULISAN ARAB MELAYU RIAU PADA PAPAN NAMA GEDUNG PEMERINTAH PROVINSI RIAU DI KOTA PEKANBARU

Authors

  • Alma Nur Atika Universitas Riau
  • Rista Syahrida Universitas Riau
  • Hasnah Faizah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.363

Keywords:

Arab Melayu, Nama Gedung, Kesalahan Penulisan, Provinsi Riau.

Abstract

Arab Melayu merupakan aksara yang dimodifikasi dari aksara Arab yang disesuaikan dengan bahasa Melayu. Pada penulisannya terdapat kaidah penulisan Arab Melayu Klasik dan Arab Melayu Modern atau penulisan Arab Melayu Riau saat ini. Pada kaidah penulisan Arab Melayu Klasik, kosa-kata yang berasal dari bahasa Arab ditulis sesuai tulisan bahasa Arab. Namun, pada kaidah penulisan Arab Melayu Modern atau Arab Melayu saat ini semua kosa-kata ditulis sesuai dengan konsonannya tanpa membedakan kosa kata tersebut berasal dari bahasa Arab atau bukan bahasa Arab. Implikasi dari perbedaan penulisan ini, banyak kosa-kata yang berasal dari serapan bahasa Arab penulisannya berbeda dari bentuk aslinya. Perbedaan penulisan ini menyebabkan banyak kesalahan dalam menulis, nama sendiri, nama jalan, nama instansi, nama gedung, dan kosa-kata lainnya yang berasal dari bahasa Arab. Akibat dari kesalahan tersebut tidak hanya salah dalam penulisan kaidah, namun juga dapat merubah makna ketika dibaca. Jika hal ini tidak dikaji ulang, maka akan menyulitkan dalam pengajaran, pemahaman, dan penulisan Arab Melayu.

References

Hasnah Faizah . 2018. Menulis Arab Melayu. Pekanbaru: UR Press

M. Irfan Shofwani. 2005. Mengenal Tulisan Arab Melayu. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Fadillah Om. (t.th). LAMBANG Pelajaran Tulisan Arab Melayu. Pekanbaru: Penerbit Usaha Putra Riau.

Shofwani, M. Irfan. 2005. Mengenal Tulisan Arab Melayu. Yogyakarta: Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu bekerja sama dengan Penerbit Adi Cita.

Umar, Said Mahmud. 1989. Pedoman Pengajaran Tulis Baca Aksara Arab Melayu yang Disempurnakan. Pekanbaru: Depdikbud.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Alma Nur Atika, Rista Syahrida, & Hasnah Faizah. (2022). ANALISIS KESALAHAN PENULISAN ARAB MELAYU RIAU PADA PAPAN NAMA GEDUNG PEMERINTAH PROVINSI RIAU DI KOTA PEKANBARU. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 161–174. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.363