MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XII BAHASA SMAN 1 MATARAMAN PADA MATERI AL-SHIHHAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
DOI:
https://doi.org/10.58192/sidu.v1i3.361Keywords:
hasil belajar, Bahasa Arab, STADAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab di SMAN 1 Mataraman. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan II siklus, didesain berdasarkan tahapan pembelajaran strategi STAD. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XII Bahasa SMAN 1 Mataraman Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti hasil belajar sebelum menggunakan model ini hanya mencapai 65,5 saja dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ini pada siklus I mencapai rata-rata 79,1 dan pada siklus II mencapai rata-rata 81,2. Begitu juga dengan prosentasi ketuntasan siswa mengalami peningkatan yang asalnya sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) 36,7% saja, menjadi 66,7% pada silklus I dan meningkat lagi menjadi 79,3% pada siklus II.
References
Ahmadi, I.K, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu “Pengaruhnya Terhadap Konsep, Mekanisme, dan Proses Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri”. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Echols, John M dan Hassan Shadily. 2006. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Effendi, Ahmad Fuad .2004. Metodologi Pengakaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Matsna HS, Moh. 2003. Diagnosis Kesulitan Belajar Bahasa Arab; makalah disampaikan pada Diklat Guru Bahasa Arab di SMU tanggal 10 – 23 September 2003.
Maulana, Ahmad, dkk. 2004. Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Absolut.
Muhammad, Amin. 1980. al-Lughat al-‘Arabiyyah Ma’nâhâ wa Mabnâhâ. Mesir: Dâr el-Fikr.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pilar Media
Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Trianto, 2011. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Zaenuddin, Radliyah dkk. 2005. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.
Zarnuji, Syekh. 2009. Ta’lim Muta’allim Terjemahan Aliy As’ad. Kudus: Menara Kudus.