Peningkatan Kemampuan Memahami dan Menjelaskan Teks Surat Tanggapan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) pada Siswa Kelas 4-A SD Negeri Ketabang I/288 Surabaya Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Susiadi Susiadi SD Negeri Ketabang I/288 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.315

Keywords:

Kemampuan Memahami dan Menjelaskan, Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI).

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia yang termasuk dalam 3 mata pelajaran yang diujikan secara nasional harus memiliki daya tarik untuk dipelajari oleh siswa. Dan Teks Surat Tanggapan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pembelajaran bahasa menjadi kesulitan tersendiri bagi siswa karena kurangnya minat. Peneliti akan mengambil suatu tindakan kelas yang cocok untuk mengatasi masalah-masalah tersebut sebagai solusi untuk menjadikan para siswa aktif, termotivasi, dan semangat dalam proses belajar mengajar berikutnya. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dan kemampuan memahami serta menjelaskan Teks Surat Tanggapansiswa sebagai obyek penelitian. Berdasarkan paparan hasil penelitian dan pembahasan, dapat dirumuskan kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan kemampuan memahami dan menjelaskan dan meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas 4-C SD Negeri Ketabang I/288 Surabaya. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan terhadap kemampuan memahami dan menjelaskan siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Khususnya, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 4-C SD Negeri Ketabang I/288 sangat dibutuhkan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI), di samping juga metode-metode lain. Efektifitas penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas 4-C SD Negeri Ketabang I/288 ditunjukkan melalui kenaikan rata-rata nilai post tes, kenaikan persentase ketuntasan klasikal dan kenaikan nilai observasi pada kemampuan memahami dan menjelaskan siswa.

 

 

References

Baskoro, Edi Prio. 2008. Media Pembelajaran. Cirebon:Swagati Press.

Hamalik, Oemar. 1991. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru.

Masdudi. 2011. Etika Profesi Keguruan. Cirebon:at-Tarbiyah.

Mulyasa, E. 2004.Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.

_________. 2008. Menjadi Guru Profesional, Bandung:Remaja Rosdakarya.

http://beni64.wordpress.com/2008/11/17/materi-keterampilan-menjelaskan/

Nurhayati, Eti. 2011. Bimbingan Keterampilan dan Kemandirian Belajar. Bandung:Batic Press.

Prasetyo. 2001.Makalah Seminar Sholefatul Jannah.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sri, Anita W. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Sumardjo, Jakob, dan Saini K.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suroto.1990. Apresiasi Sastra Indonesia untuk SMTA. Jakarta: Erlangga.

Suttrisno, S. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 348380.

Suttrisno, S. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Ips Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 77-90.

Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) Untuk Siswa Kelas Awal. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 83-91.

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 718-729.

Suttrisno., N. M. Y. (2022). Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum. AL-MUDARRIS: Journal of Education, 5(1), 30–44. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v

Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52-60.

Usman, Moh. Uzer.1992. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Susiadi, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Memahami dan Menjelaskan Teks Surat Tanggapan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) pada Siswa Kelas 4-A SD Negeri Ketabang I/288 Surabaya Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(4), 124–142. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.315