Survei Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa–Siswi Sma Sederajat Se-Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri

Authors

  • Amanda Regita Cahyani Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v4i1.3118

Keywords:

Siswa SMA

Abstract

Pembelajaran PJOK di sekolah sama seperti proses pembelajaran di tempat lain. Di sekolah terdapat interaksi dan perubahan sikap yang lebih baik. Satu-satunya perbedaan adalah materi yang dipelajari. Faktor yang memengaruhi tercapainya penjas meliputi guru, siswa, lingkungan, minat siswa, motivasi siswa, dan faktor-faktor yang lainnya. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani sangat penting. Hal ini dikarenakan tidak semua peserta didik memiliki minat terhadap materi yang diajarkan. Fenomena ini dapat dilihat di beberapa sekolah di sekitar lingkungan ketika pembelajaran sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi belajar siswa dalam mengikuti Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di sekolah menengah atas. Data di uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Data dikumpulkan menggunakan metode angket dan dianalisis menggunakan pengolahan data kuantitatif deskriptif dengan menggunakan Microsoft Excel. Penentuan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan yang telah ditetapkan sebelumnya 10% dan 5%, maka di dapatkan total sampel ialah 416 siswa. Hasil penelitian ini mengindikasikan tingkat motivasi belajar siswa SMA sederajat se-Kecamatan Kandat memiliki kategori baik sekali dengan persentase 87%, perolehan tersebut tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor.

References

A Rahmawati & Kurniawan, A. W. (2023). Survei Kebugaran Jasmani Pada Siswa

Aktif Kegiatan Keolahragaan Di Sma Negeri 1 Pandaan. Journal Sport

Science Indonesia, 2(2), 187–200.

Https://Doi.Org/10.31258/Jassi.2.2.187-200

Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Pada

Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(4), 2370–2376. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1224

A’la, R., & Subhi, M. R. (2016). Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa. 2.

Https://S.Id/26r7x

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Azhuri, I. R., Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2020). Survei Motivasi Belajar

Pendidikan Jasmani Pada Siswa Sekolah Luar Biasa Di Kabupaten

Karawang. Https://Doi.Org/10.35706/Jlo.V2i2.4000

Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi

Survey Pemasaran Dan Penjualan Berbasis Web. 2(2). Https://S.Id/26r7

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk

Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis

Di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika,

2(1). Https://Doi.Org/10.20527/Edumat.V2i1.603

Handika, F. J. (2022). Survei Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan

Kesehatan Siswa Smpn 2 Tembelang Jombang Di Era New Normal.

Https://S.Id/26r7i

Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata

Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal Of

Physical Education. Https://Doi.Org/10.15294/Active.V4i4.4855

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang

Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran

Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak. Https://S.Id/26r4y

Kurniawan, O. E. P. (2020). Survei Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti

Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah

Menengah Pertama. 2. Https://S.Id/26r4r

Maulana, F., Ningtyas, G. S., & Nugraheni, W. (2021). Survei Motivasi Belajar Siswa

Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Via Sistem

Pembelajaran Daring Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Sukabumi Tahun

Pelajaran 2019/2020. Jendela Olahraga, 6(1), 1–8.

Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V6i1.6252

Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal,

4(2),87. Http://Dx.Doi.Org/10.22373/Lj.V4i2.1881

Neng Rina, & Kurniawan, A. W. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran

Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Materi Kebugaran Jasmani Di

Smk Negeri 3 Batu. Jurnal Adiraga, 9(1), 22–45.

Https://Doi.Org/10.36456/Adiraga.V9i1.7025

Nur, L., Suherman, A., Subarjah, H., & Budiana, D. (2019). Physical Education

Learning Motivation: A Gender Analysis. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan

Olahraga, 4(1). Https://Doi.Org/10.17509/Jpjo.V4i1.13790

Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran

Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Dengan Hambatan Fisik Dan

Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19.

Https://Doi.Org/10.24036/Jpkk.V2i2.496

Wibowo, T. (2017). Survei Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran

Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Sma/Ma/Smk Negeri Kelas

Xi Se-Kecamatan Kota Ponorogo. 05. Https://S.Id/26r3

Yanti, S., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2013). Hubungan Antara Kecemasan Dalam

Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1).

Https://Doi.Org/10.24036/02013211242-0-00

Downloads

Published

2025-03-09

How to Cite

Cahyani, A. R., & Kurniawan, A. W. (2025). Survei Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa–Siswi Sma Sederajat Se-Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 144–156. https://doi.org/10.58192/sidu.v4i1.3118