Survei Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa–Siswi Sma Sederajat Se-Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.58192/sidu.v4i1.3118Keywords:
Siswa SMAAbstract
Pembelajaran PJOK di sekolah sama seperti proses pembelajaran di tempat lain. Di sekolah terdapat interaksi dan perubahan sikap yang lebih baik. Satu-satunya perbedaan adalah materi yang dipelajari. Faktor yang memengaruhi tercapainya penjas meliputi guru, siswa, lingkungan, minat siswa, motivasi siswa, dan faktor-faktor yang lainnya. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani sangat penting. Hal ini dikarenakan tidak semua peserta didik memiliki minat terhadap materi yang diajarkan. Fenomena ini dapat dilihat di beberapa sekolah di sekitar lingkungan ketika pembelajaran sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi belajar siswa dalam mengikuti Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di sekolah menengah atas. Data di uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS. Data dikumpulkan menggunakan metode angket dan dianalisis menggunakan pengolahan data kuantitatif deskriptif dengan menggunakan Microsoft Excel. Penentuan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan yang telah ditetapkan sebelumnya 10% dan 5%, maka di dapatkan total sampel ialah 416 siswa. Hasil penelitian ini mengindikasikan tingkat motivasi belajar siswa SMA sederajat se-Kecamatan Kandat memiliki kategori baik sekali dengan persentase 87%, perolehan tersebut tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor.
References
A Rahmawati & Kurniawan, A. W. (2023). Survei Kebugaran Jasmani Pada Siswa
Aktif Kegiatan Keolahragaan Di Sma Negeri 1 Pandaan. Journal Sport
Science Indonesia, 2(2), 187–200.
Https://Doi.Org/10.31258/Jassi.2.2.187-200
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Pada
Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(4), 2370–2376. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1224
A’la, R., & Subhi, M. R. (2016). Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa. 2.
Https://S.Id/26r7x
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Azhuri, I. R., Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2020). Survei Motivasi Belajar
Pendidikan Jasmani Pada Siswa Sekolah Luar Biasa Di Kabupaten
Karawang. Https://Doi.Org/10.35706/Jlo.V2i2.4000
Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi
Survey Pemasaran Dan Penjualan Berbasis Web. 2(2). Https://S.Id/26r7
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk
Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis
Di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika,
2(1). Https://Doi.Org/10.20527/Edumat.V2i1.603
Handika, F. J. (2022). Survei Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan
Kesehatan Siswa Smpn 2 Tembelang Jombang Di Era New Normal.
Https://S.Id/26r7i
Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata
Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal Of
Physical Education. Https://Doi.Org/10.15294/Active.V4i4.4855
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang
Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran
Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak. Https://S.Id/26r4y
Kurniawan, O. E. P. (2020). Survei Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti
Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah
Menengah Pertama. 2. Https://S.Id/26r4r
Maulana, F., Ningtyas, G. S., & Nugraheni, W. (2021). Survei Motivasi Belajar Siswa
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Via Sistem
Pembelajaran Daring Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Sukabumi Tahun
Pelajaran 2019/2020. Jendela Olahraga, 6(1), 1–8.
Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V6i1.6252
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal,
4(2),87. Http://Dx.Doi.Org/10.22373/Lj.V4i2.1881
Neng Rina, & Kurniawan, A. W. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Materi Kebugaran Jasmani Di
Smk Negeri 3 Batu. Jurnal Adiraga, 9(1), 22–45.
Https://Doi.Org/10.36456/Adiraga.V9i1.7025
Nur, L., Suherman, A., Subarjah, H., & Budiana, D. (2019). Physical Education
Learning Motivation: A Gender Analysis. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan
Olahraga, 4(1). Https://Doi.Org/10.17509/Jpjo.V4i1.13790
Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran
Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Dengan Hambatan Fisik Dan
Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19.
Https://Doi.Org/10.24036/Jpkk.V2i2.496
Wibowo, T. (2017). Survei Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran
Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Sma/Ma/Smk Negeri Kelas
Xi Se-Kecamatan Kota Ponorogo. 05. Https://S.Id/26r3
Yanti, S., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2013). Hubungan Antara Kecemasan Dalam
Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1).
Https://Doi.Org/10.24036/02013211242-0-00