Hubungan Persepsi dan Motivasi Diri Terhadap Minat Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Menjadi Guru PJOK
DOI:
https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2434Keywords:
Perception, Self-motivation, Student interest in being a teacherAbstract
This research aims to find out the relationship of perception and self-motivation to the interest of students of Physical Education Health and Recreation to become teachers of Physics Education Sports and Health. This research uses a method of quantitative approach through causality relationships. The subjects used in this study are students from the Department of Jasmanian Education Health and Recreation State University of the 2020 Army. The sample determination was selected using a non-probability sampling method with a purposive sample approach, and the number was calculated using the Slovenian formula to total 131 students. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The results showed that the relationship between the perception variable and the interest variable was 0.046 while the relationship of the self-motivation variable with the interest Variable was 0.860. From these values, claim that perception variables and self-motivation variables have a relationship with interest variables positively. The results of the Test of the determination coefficient of perception variables and self-motivation variables to student interest variables have a relationship of 85.1%. This it can be concluded that the self-motivation variable has a major role in the level of interest of students in Physical Education Health and Recreation to become teachers of Physical education Sports and Health.
References
Abidin, M. (2021). Urgensi komunikasi model stimulus organism response (SOR) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 74-90.
Alafiyyah, N. S. 2020. Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Research and Development Journal of Education. 1, 110-116.
Almunawwaroh, M., & Marliana, R. (2018). Pengaruh CAR, NPF dan FDR terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 1-17. DOI: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.3156.
Amalia., Rezha N. D., Ragil S. A., Eva (2022). Pengaruh Jumlah Responden Terhadap Hasil Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner. Generics: Journal of Research in Pharmacy. DOI: 10.14710/genres.v2i1.12271
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31.
Aromatika, N. W., Arizal, A., & Andayono, T. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Ft-Unp Terhadap Profesi Guru. CIVED, 5(2).
Cahyani, D. Y., Rosmiati, R., & Refnida, R. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Motivasi terhadap Kepercayaan Diri dalam Berkarir sebagai Guru pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2018 FKIP Universitas Jambi. Jurnal EduSosial, 2(1), 40-49.
Damanik, R. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 29-34.
Ergusni, E., & Usmadi, U. 2021. Uji Hipotesis Analisis Beda Rerata Dua Sampel (Uji t dan t'). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/197.
Fajar, A. N. 2022. Minat Menjadi Guru (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14078-14085. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4669.
Febriyani, N. (2019). Motivasi Diri Dan Persepsi Mengenai Profesi Guru Akuntansi Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Firdaus, M. M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Analisis Regresi Ibm Spss Statistics Version 26.0. CV. Dotplus Publisher.
Ilmawati. 2018. Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.
Janna, N. M., & Herianto, H. 2021. Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.
Karyantini, D. A., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Micro Teaching dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 200-209. DOI: https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p200-209.
Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.
Maipita, I., & Mutiara, T. 2018. Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Medan TA 2017/2018. Jurnal Ekodik: Ekonomi Pendidikan, 6(6).Dari: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ekodik/article/view/10777.
Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.
Malik, A., & Chusni, M. M. (2018). Pengantar statistika pendidikan: Teori dan aplikasi.
Maryanti, L., & Purwanti, M. (2023). Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Memilih Berkarir Di Bidang Perpajakan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 14(02), 378-385.
Meirani, M., & Qoirunnada, W. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 219-222. DOI: https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2515
Nani, E. F., & Melati, I. S. (2020). Peran Self Efficacy Dalam Memediasi Motivasi, Persepsi Profesi Guru Dan Gender Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 487-502. DOI: https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2
Nasrum, A. 2018. Uji normalitas data untuk penelitian. Denpasar: Jayapangus Press, i-117. Dari http://book.penerbit.org/index.php/JPB/article/view/115.
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. 2019. Penerapan metode suksesif interval pada analsis regresi linier berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43-53.
Nugraha, B. (2022). Pengembangan uji statistik: Implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. 2018. Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan spss. Sleman: Deepublish.
Prastiani, D. A., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh selfefficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa S1 pendidikan akuntansi UNESA. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(2), 47-59. DOI: https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i2.5712
Prastiani, D. A., & Listiadi, A. 2021. Pengaruh selfefficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa S1 pendidikan akuntansi UNESA. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(2), 47-59. DOI: https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i2.5712.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. 2022. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 202-208
Rivaldi, A., & Saleh, R. (2020). Factors That Influence The Motivation Of Education Of Building Engineering Students To Be A Teacher. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 47-53.
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. 2020. Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Sleman: Deepublish.
Sari, R., & Rusdarti, R. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Melalui Self Efficacy Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 135-146.
Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. 2020. Pengaruh green marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk the body shop indonesia (studi kasus pada followers account twitter@ thebodyshopindo). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1).Dari: https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/ilmiahm-progress/article/download/371/342.
Sianturi, H., & Sitanggang, D. N. (2021). Pengaruh Persepsi dan motivasi terhadap minat berkarir di bidang perpajakan (Studi empiris pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Satya Negara Indonesia). Jurnal Liabilitas, 6(2), 94-104.
Sumargo, B. (2020). Teknik sampling. Jakarta: Unj press.
Syofyan, R., Hidayati, N. S., & Sofya, R. 2020. Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 10(2), 151-162. DOI: https://doi.org/10.24036/011103600.
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Valentin, C., Budiwibowo, S., & Sulistyowati, N. W. 2019. Determinan Minat Mahasiswa Menjadi Guru. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 366-378. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.173.
Vivi Silvia, S. E. (2020). Statistika Deskriptif. Penerbit Andi.
Widhydanta, I. G. D. S. A., & Astutui, N. L. G. S. D. 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Pemilik Homestay Atas Laporan Keuangan Di Desa Wisata Pelaga. Krisna: Kumpulan Riset Akuntansi, 14(2), 203-215.
Widyaningrum, S., & Suratno, I. B. (2022). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Siswa Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 16(1), 21-31.
Wijaya, M. S. P., Hidayat, R., & Rafida, T. 2019. Manajemen Sumber daya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPPI
Zaki, M., & Saiman, S. 2021. Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115-118. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216.
Zunaedy, M., Aisyah, S., & Ayuningtyas, T. 2021. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 STKIP PGRI Lumajang tahun akademik 2020/2021. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 47-59.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386-397. DOI: https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507.
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Rahayu, A. A., Erawati, T., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Pengetahuan Perpajakan, Motivasi Karir, Motivasi Kualitas, Motivasi Sosial, Dan Motivasi Ekonomi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Program Brevet Pajak. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 4(2), 240-264. DOI: 10.26618/jrp.v4i2.6324.