Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melalui Penggunaan Media Video
DOI:
https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2196Keywords:
Writing skills, Video Media, Procedure TextAbstract
The aim of this research is to determine the improvement of procedure text writing skills through the use of video media. The research method used is a literature review which collects descriptive information and data regarding improving writing skills using video media. The research results show that using video media can improve students' writing skills because videos can display real information in an interesting and not boring presentation so that students' interest in learning increases and helps expand vocabulary for writing procedural texts.
References
Amin, R. A. K. A. (2021). Peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media video pada siswa kelas V sekolah dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).
Ana, Patriantoro, & Wartiningsih, A. (2017). Peningkatan kemampuan menulis teks prosedur dengan model pembelajaran Pair Checks pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sengah Temila Kabupaten Landak tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(10), 2.
Aulia, A. (2022). Teks prosedur dan teks eksposisi. Bogor: Guepedia.
Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Dewi, P. K., & Budiana, N. (2018). Media pembelajaran bahasa aplikasi teori belajar dan strategi pengoptimalan pembelajaran. Malang: UB Press.
Hartini, S. (2022). Media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Kadir, A., Thaba, A., Madeamin, S., & Rukayah. (2023). Cipta sastra pengantar dasar-dasar menulis kreatif sastra. Solok: PT. Mafy Media Literasi Indonesia.
Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.
Kusumaningrum, D. S., & Mulyani. (2017). Penggunaan media video untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Pelem 2 Ngawi. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 316.
Mansyur, & Tunda, A. (2022). Bahan ajar Bahasa Indonesia. Lombok: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Mulyadi, U. A., Rohayati, N., & Rukaesih, D. (2021). Penggunaan media video dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita. Jurnal Diksatrasia, 5(1).
Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran SD. Sukabumi: CV. Jejak.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Riyanti, A., Hersusini, Hidayati, N., Soulisa, I., Rosfiani, O., Khadijah, I., ... & Wahyuni, R. S. (2022). Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV. Widiana Media Utama.
Sari, A. N., & Nuraidah. (2020). Cara mudah memahami teks prosedur. Bogor: Guepedia.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1).
Sitho, M. M., Rasdawita, & Ningsih, A. G. (2023). Efektivitas penggunaan media video dalam keterampilan menulis teks prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(3).
Suyati. (2019). Peningkatan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model pembelajaran resiprokal pada mata pelajaran B. Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rambutan Banyuasin. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 61.
Tarigan, H. G. (2021). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.
Taufina. (2021). Mozaik keterampilan berbahasa di sekolah dasar. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.