Studi Literatur: Efektivitas Konseling Individual Dengan Teknik Reframing Dalam Mengubah Pola Pikir Negatif Remaja

Authors

  • Suci Permata Hati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yenti Arsini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lisna Marselina Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v3i1.1812

Keywords:

Individual Counseling, Reframing Technique, Negative Mindset, Teenager

Abstract

The background of this research is that considering current developments, negative thinking is widespread among teenagers. Negative thinking can affect your environment both in carrying out daily activities and in other ways. This research aims to see the effectiveness of individual counseling using reframing techniques in helping teenagers identify and understand their negative thought patterns, and help them replace them with more positive and constructive thought patterns. The method used in this research is qualitative descriptive analysis. The type of qualitative research used is a literature review. This research uses secondary data with references used from searches of research articles published on the internet. Based on the results of the literature review obtained, reframing techniques have a significant role in changing negative thought patterns in adolescents.

References

Bradley T. Erford, 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016), 234.

Ellis, A. (1986). Pengantar Teori Konseling. Terjemahan Sukardi, Dewa Ketut. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Faozan, (2022). Skripsi. Penerapan Teknik Reframing Dalam Merekonstruksi Pola Pikir Negatif (Studi Kasus Di Dusun Tunjang Barat Desa Taman Indah).

Fauzan, Lutfi. 2009. Rational Emotive Behavior Counseling in Action: Verbatim Konseling Albert Ellis. Malang, Universitas Negeri Malang.

Flisia, N. Konseling Individual Di SMA Negeri Sekota Pontianak Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(2). https://jurnal.untan.ac.id/index. php/jpdpb/article/download/13 974/12515

Geldard, Kathryn dan Geldard, David. 2011. Keterampilan Praktik Konseling Pendekatan Integratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hermawan, Didik. 2013. Sugestive Parenting (Membangun Komunikasi Positif Pada Anak Dengan Teknik Hypno-NLP). Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Gramedia.

Ida Agustina, (2014). Penerapan Strategi Reframing Untuk Mengurangi Perasaan Rendah Diri Siswa Kelas VII-H SMP Negeri 1 Jogorogo Ngawi. Jurnal BK UNESA Vol (4)-3. https://ejournal.unesa.ac.id/inde x.php/jurnal-bk unesa/article/view/8808

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Kadek Purniani, (2023). Penerapan Teori Konseling Rasional Emotif Behavioral dengan Teknik Reframing Untuk Meningkatkan

Kecerdasan Emosi Pada Siswa. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING INDONESIA, Vol (8)- 1 https://ejournal2.undiksha.ac.id/i ndex.php/jurnal_bk/article/view/ 2032

Mardhika, R. (2016). Hubungan pola pikir negatif dan kecemasan terhadap cara berbicara di depan umum mahasiswa program studi pendidikan kepelatihan olahraga. Jurnal Buana Pendidikan, 12(22), 88-98. https://jurnal.unipasby.ac.id/in dex.php/jurnal_buana_pendidi kan/article/download/620/447/ 1799

Marzali, Amri. 2016. Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia. 1(2), 112-117. https://journal.unhas.ac.id/inde x.php/etnosia/article/view/161 3

Mochamad Nursalim, 2013, Strategi dan Intervensi Konseling, (Jakarta: Indeks)

Muthohharoh, M., & Karneli, Y. (2020). Layanan konseling perorangan dengan teknik kursi kosong untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Guidance, 17(01), 14–19. https://uia.e- journal.id/guidance/article/vie w/875

M. Virgiawan Bayu S, (2016). Penerapan Strategi Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Kelas X APK-2 SMKN 1 Surabaya Jurnal BK UNESA Vol (6)-1. https://ejournal.unesa.ac.id/inde x.php/jurnal-bk- unesa/article/view/14248

Niken Refanthira, (2021). Teknik Reframing untuk mengurangi pemikiran negatif pada wanita depresi dengan gejala psikotik. PROCEDIA : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, Vol (9)-1. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/procedia/article/view/1602 2

Prayitno. 2014. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rhineka Cipta

Santrock, J. . (2007). Perkembangan anak (1st ed.). PT Erlangga.

Wines, L., Nelson, J. A., & Eckstein, D. 2007. Reframing class s cheduling: Seven school counselor benefits, challenges, considerations, and recommendations. Journal of School Counseling, 5(16). (Online). https://eric.ed.gov/?id=EJ901177

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Suci Permata Hati, Yenti Arsini, & Lisna Marselina Nasution. (2024). Studi Literatur: Efektivitas Konseling Individual Dengan Teknik Reframing Dalam Mengubah Pola Pikir Negatif Remaja. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i1.1812