Hakikat Evaluasi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1118Keywords:
Hakikat, Hakikat Evaluasi, Filsafat Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hakikat evaluasi dalam perspektif filsafat Pendidikan islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pustaka (library research). Data yang diperoleh dari hasil reverensi-reverensi penulis didapatkan dalam berbagai buku-buku dan jurnal-jurnal yang diolah dan di Analisa berdasarkan hasil reverensi yang didapatkan, kemudian dikembangkan dengan imajinasi dari penulis agar dapat menghasilkan sebuah tujuan dari penulisan ini. Hasil penelitian ini berisi tentang evaluasi adalah sebuah cara yang dilakukan guna untuk mengetahui sampai dimana tingkat keberhasilan suatu kegiatan pembelajaran. Evaluasi memiliki kedudukan penting dalam suatu kegiatan belajar karena melalui sebuah evaluasi seseorang dapat mengetahui dimana titik kelemahannya serta melalui evaluai ia mampu untuk melakukan suatu perubahan.
References
Anwar Saipul. Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Prespektif Filsafat Islam, Jurnal Pendidikan Nusantara, Vol 1, No 1, 2022.
Arikunto Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Asyafah Abas, Hidayat Tatang. Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Jurnal Pendidikan Islam, Vol 10, No 1, 2019.
Bukhori M. Teknik-teknik Evaluasi dalam Pendidikan, (Bandung: Jemmars, 1980)
Daulay Putra, Haidar. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat (Jakarta: Kencana, 2014).
Hermawan Heris, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Rektorat Jenderal Pendidikan Islam, 2009).
Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada 1994).
Kurniawan Syamsul. Ilmu Pendidikan Islam Sebuah Kajian Komprehensif (Yogyakarta: Ombak, 2016).
Marzuki Ismail. Lakmanul Hakim, Evaluasi pendidikan islam, Vol 1 No. 1, Tadarus Terbawy, 2019.
Mudjiono, Dimyati. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006)
Nata Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam 1 (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997)
Nizar Syamsul. Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis, cet I. (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)
Nurmawati. Evaluasi Pendidikan Islam, (Medan: Perdana Mulya Sarana, 2016).
Nuryamin, Hakikat Evaluasi: Prespektif Filsafat Pendidikan Islam, Jurnal Lentera Pendidikan, Vol 14, No 2, 2011.
Purwanto Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).
Rahayu Fitriani. Subtansi Evaluasi Pendidikan Dalam Prespektif Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Vol 17, No 2, 2019.
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002).
Rasyid Muhammad. Prespektif Islam Tentang Evaluasi Pendidikan, Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, Vol 14, No 25, 2016.
Shafaunnida Arzi. Evaluasi Pendidikan Dalam Prespektif Filsafat Pendidikan Islam, Jurnal Manajemen Perbendaharaan, Vol 2, No 1, 2018.
Siregar Maragustam. Hand Out Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, (Yogyakarta: 2012).
S. Suhendri. Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 2018.
Sudijono Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jogjakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009).
Sukardi. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Suryadi Rudi Ahmad, Sanusi Uci. Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta: Deepublihs, 2018).
Ulfa Maria. Konsep Evaluasi Pendidikan Prespektif Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan (Pendekatan Tafsir Tematik), Jurnal Suhuf, Vol 28, No 2, 2016.
Wahyudi Dedi. Konsepsi Al-Quran Tentang Hakikat Evaluasi Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Hikmah, Vol 12, No 2, 2016.