PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS PADA MATERI HIDANGAN PENUTUP DI SMK DHARMA WANITA GRESIK Shofiyah Rahma Maulidiyah

Authors

  • Shofiyah Rahma Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Lucia Tri Pangesthi Universitas Negeri Surabaya
  • Asrul Bahar Universitas Negeri Surabaya
  • Niken Purwidiani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1112

Keywords:

Model 4D, Glideapps, e-Modul, Tata Boga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)  hasil pengembangan e-modul berbasis Glideapps pada materi hidangan penutup di SMK Dharma Wanita Gresik, 2) kelayakan e-Modul berbasis Glideapps pada materi hidangan penutup di SMK Dharma Wanita Gresik, 3) respon siswa terhadap e-Modul berbasis Glideapps pada materi hidangan penutup di SMK Dharma Wanita Gresik.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil prototype e-modul hidangan penutup berbasis Glideapps diuji kelayakannya dari aspek materi dan media  oleh  masing-masing 2 validator ahli materi dan ahli media. Data kelayakan e-modul dan respon siswa dikumpulkan dengan teknik kuisoner secara offline menggunakan angket terbuka berskala likert rentangan 1-5. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jasa Boga SMK Dharma Wanita Gresik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil e-modul diunduh secara online melalui link mencakup materi hidangan penutup, 2) kelayakan aspek materi e-modul mencapai 92% dengan kategori sangat layak, sedangkan kelayakan aspek media mencapai 84% dengan kategori sangat layak, 3) respon siswa terhadap uji coba e-modul mencapai 89% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian e-Modul berbasis Glideapps sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Aisyah, Bunga Nur, Any Sutiadiningsih, Nugrahani Astuti, & Asrul Bahar. 2022. “Pengembangan E-Modul Berbasis Glideapps Pada Materi Pemilihan Dan Pemotongan Daging Bagi Siswa Kelas X SMK”. Jurnal Tata Boga 11(2): 155-163.

Hertiansyah, Hervina Kiruna. 2018. “Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik.”Journal of Electrical and Vocational Educationand Technology 3 (Vol 3 No 1 (2018): Journal Of Electrical Vocational Education and Technology): 1–331.http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jevet/article/view/14813/8447.

Larasati, Fira Indika Magda, Any Sutiadiningsih, Lucia Tri Pangesthi, & Dwi Kristiastuti. 2022. “Pengembangan E-Modul Berbasis Glideapps Pada Materi Dasar Penggunaan Pisau Bagi Mahasiswa Tata Boga”. Jurnal Tata Boga 11(3):46-56.

Lestari, Eha, Lukman Nulhakim, and Dwi Indah Suryani. 2022. “Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII.” PENDIPA Journal of Science Education 6(2): 338–45.

Minan, Dimas. A, & Ekohariadi, E. 2022. “Pengembangan Bahan ajar E-Modul Berbasis Mobile Glideapps Pada Mata Pelajaran Kejuruan Kelas X DKV SMK Negeri 1 Cerme Gresik”. It-Edu: Jurnal Information Technology And Education, 7(1), 36-45.

Puspitasari, Anggraini Diah. 2019. “Penerapan Bahan ajar Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika 7(1): 17–25.

Rahmawati, I. Ariffudin, L. Latifah, and L. T. Soejanto. 2021. “‘say no to coding’: Designing of mobile-app-based learning media using Glide apps,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1869, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1869/1/012079.

Salsabela, Tasya, Lucia Tri Pangesthi, Mauren Gita Miranti, and Niken Purwidiani. 2022. “Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Soup.” Jurnal Tata Boga 11(2): 128–39.

Sugianto dkk. 2013. Modul Virtual: Multimedia Flipbook dasar Teknik Digital. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Tim May, Malcolm Williams, Richard Wiggins, and Prof. Alan Bryman. 2021. “Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup” (1996): 6.

Viola, Nindya Esma, Sri Handajani, Dwi Kristiastuti, & Suhartiningsih. 2021. “Pengembangan Bahan ajar E-Modul Berbasis Glideapps Pada Kompetensi Dasar Metode Dasar Pengolahan Makanan Kelas X Tata Boga 2 SMKN 3 Kediri”. Jurnal Tata Boga 10(3): 474-482.

Wan Noor Hazlina Wan Jusoh, Kamaruzaman Jusoff. 2009. “Using Multimedia In Teaching Islamic Studies”, Journal Media and Communication Studies, Universiti Putra Malaysia Vol. 1 (5) pp. 086-094.

Wibowo, Edi. 2018. Skripsi “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker”.http://repository.radenintan.ac.id/3420/1/Skripsi.

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Shofiyah Rahma Maulidiyah, Lucia Tri Pangesthi, Asrul Bahar, & Niken Purwidiani. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS PADA MATERI HIDANGAN PENUTUP DI SMK DHARMA WANITA GRESIK Shofiyah Rahma Maulidiyah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 47–59. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1112