Pelatihan Penulisan Proposal Tindakan Kelas Bagi Guru MGMP OTKP DIY
DOI:
https://doi.org/10.58192/sejahtera.v1i4.694Keywords:
Penelitian, Penelitian Tindakan Kelas, Karya Tulis IlmiaAbstract
Kegiatan PPM telah dilaksanakan dan dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Pelaksanaan dilakukan menggunakan platform zoom meeting selama 3 hari dengan lancar serta telah memberikan pengetahuan dan peningkatan kemampuan peserta dalam menulis proposal PTK bagi Guru MGMP OTKP. 2) Materi yang disampaikan yakni: a) pentingnya PTK bagi guru, menentukan dan merumuskan permasalahan dalam PTK, dan metode penelitian; b) sistematika proposal PTK, kajian teori, dan penulisan referensi. 3) Jumlah peserta melampauai target yang ditetapkan dari 30 orang menjadi 42 orang dan diikuti tidak hanya oleh guru MGMP OTKP DIY namun juga dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. 4) Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa: a) secara umum tingkat pemahaman terhadap materi 1 sebesar 34,8% sedangkan materi 2 sebesar 35,1% dalam kategori cukup. b) Kualitas penyampaian materi 1 sebesar 80,9% dalam kategori baik, dan materi 2 sebesar 59,5% dalam kategori baik. c) Kemampuan peserta sebelum dan sesudah mendapatkan materi 1 secara umum mengalami peningkatan. Kategori kemampuan paling rendah/sangat tidak mampu yang semula 10% menjadi 2,2% dan kategori tidak mampu yang semula 23,9% menjadi 4,3%. d) Kemampuan peserta sebelum dan sesudah mendapatkan materi 2 mengalami peningkatkan. Indikasi peningkatan terlihat dari persentase dalam kategori tidak paham yang semula sebesar 18,9% menjadi 0% dan persentase kategori paham meingkat dari sebelum mendapat pelatihan.
References
Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1 Juni), 131– 141.
http://journal.unipdu.ac.id:8080/in dex.php/jpi/article/view/2123
Agus Pratomo Andi Widodo, M. p. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Amka (ed.)). Nizamia Learning Center. www.nizamiacenter.com
Febrilia, B. R. A., Juliangkary, E., Yuliyanti, S., Prasetya, D. S. B., Pujilestari, P., & Setyawati, D. U. (2020). WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU MIPA. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 69-76. https://doi.org/10.20956/pa.v4i1.7548
Hakim, A. R., Hadi, Y. A., Husni, M., & Hamzanwadi, P. U. (2021). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Publikasi Bagi Guru Sekolah Dasar. 02(1), 1–6.
Hayuhantika, D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Sebagai Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Smpn 3 Ngunut. Jurnal Adimas, 5, 13–17.
Jufri, A. W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas: Antara Teori Dan Praktek. Jurnal Pijar Mipa, 5(2), 49–52. https://doi.org/10.29303/jpm.v5i2. 166
Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47.
Mardikantoro, H.B & Setyaningsih, N.H. (2018). Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. Proceeding SNKPPM 2018, 1 (1).
Mulyono, H. H. R. D. (2000). Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 11406.
Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (2019). Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru.
Rosmiati, A. (2017). Dasar-dasar Penulisan Karya Ilmiah. In ISI Press. ISI PRESS.
Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46.
Trisnawati, A & Setiawan, M.A. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SMK Al-Inabah Ponorogo. Prosiding Seminar Hasil Penelitian LPPM UNIPMA. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/829/800