Pelatihan IT dan Literasi Digital Biologi pada Siswa SMPN SATAP 5 Ponre

Authors

  • Astuti Muh. Amin Institut Agama Islam Negeri Ternate

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v1i4.688

Keywords:

pengetahuan, keterampilan, pelatihan IT.

Abstract

Kemampuan literasi digital memberikan pengaruh yang positif secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi siswa. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan IT bagi siswa di SMPN SATAP 5 Ponre.  Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan cara observasi, sosialisasi dan pendampingan secara terjadwal.  Melalui pelatihan IT ini, siswa telah terampil dan mampu mengoperasikan komputer dengan baik, yang akan membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UNBK. Pelatihan ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan, menyeluruh dan terintegrasi dengan kurikulum.

References

Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., Bharati, D. A. L. (2019). Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, halaman 386-389.

Gelumbang, N., Syahbana, A., & Septiati, E. (2020). Jurnal Cemerlang : Pengabdian Pada Masyarakat Pelatihan Penggunaan Program Visio Untuk Pembelajaran Dan Administrasi Sekolah Di Smk Jurnal Cemerlang : Pengabdian pada Masyarakat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 tahun. 2(2), 121–132.

Greene, J. A., Yu, S. B., & Copeland, D. Z. (2014). Measuring Critical Components of Digital Literacy and Their Relationships with Learning Computers and Education. Computers & Education, 76, 55-69. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.03.008

Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 29–41. https://doi.org/10.33364/miftek/v.1-1.35

Muhammad R, Rohaeniah Z, Agus R. M. Z. M. (2020). Jurnal abdidas. Jurnal Abdidas, 1(3), 761–769.

Santiari, N. P. L., & Rahayuda, I. G. S. (2018). Pelatihan Ms. Word Pada Sdn 1 Gulingan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), 8. https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i1.407.

Smaragdina, A. A., Nidhom, A. M., Soraya, D. U., & Fauzi, R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Multimedia Interaktif untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal KARINOV, 3(1), 53. https://doi.org/10.17977/um045v3i1p53-57.

Tang, C. M., & Chaw, L.Y. (2016). Digital Literacy: A Prerequisite for Effective Learning in a Blended Learning Environment?. Journal of e-Learning, 14(1), 54-65.

Tarumasely, Y. (2020). Pengaruh Selft Regulated Learning dan Literasi Digital terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Tangkoleh Putai, 17(2), 191-214.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Astuti Muh. Amin. (2022). Pelatihan IT dan Literasi Digital Biologi pada Siswa SMPN SATAP 5 Ponre. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 1(4), 85–95. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v1i4.688