MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI PANTI ASUHAN DARUL IKHLAS KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Nurmala Hayati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fadhilla Yusri Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i1.460

Keywords:

(Kepercayaan diri, Anak Panti Asuhan, Mini Project)

Abstract

Rasa percaya diri anak yang berada di panti asuhan cenderung rendah mengingat latar belakang yang cukup berbeda dari anak-anak pada umumnya. Rasa rendah diri dan cara pandang berbeda yang diterima dari lingkungan sering kali membuat anak-anak menarik diri mereka dan cenderung menyembunyikan diri. Kepercayaan diri anak di Panti Asuhan Darul Ikhlas Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ialah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik statistik sederhana. Subyek penelitian sebanyak 15 orang anak asuh Panti Asuhan Darul Ikhlas Kabupaten Padang Pariaman, melalui angket model Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri Anak Asuh Panti Asuhan Darul Ikhlas Kabupaten Padang Pariaman paling banyak berada pada kategori cukup, yaitu sebanyak 33,33%. Sementara sisanya, kategori sangat tinggi sebanyak 20%, kategori tinggi 26,67%, dan kategori rendah 20%. Berdasarkan penelitian ini maka diperlukan kepercayaan diri anak khususnya yang ada di panti asuhan. Hal ini bisa dilakukan secara kelompok atau individu dan harus dilakukan secara berkesinambungan.

References

Adrianus Yofanto Angi Piran, R. Y. (2017). Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Kepercayaan Diri Dalam Interaksi Sosial Pada Remaja Penyandang Cacat Fisik Di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kecamatan Sukun Malang. Nursing News, 578-597.

Asla De Vega, H. K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 433-439.

Astri Fatwasari, S. M. (2017). Terapi Melukis untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja Panti Asuhan Nur Hidayah Surakarta. Jurnal Wacana, 76-90.

Dr. Maryam B. Gainau, M. (2019). Pengembangan Potensi Diri Anak dan Remaja. Yogyakarta: PT Kanisius.

Egidia Putri, A. S. (2022). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dengan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 142-148.

Eni Saeni, R. R. (2022). Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kepada Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Sakinah Depok Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 8-15.

Gregorius Reda Lete, F. H. (2019). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Resiliensi Remaja Di Panti Asuhan Bakti Luhur Malang. Nursing News, 20-28.

Irma Rosari Simamora Manalu, F. R. (2022). Meningkatkan Kepercayaan diri di Panti Asuhan Yayasan Anugrah Kasih Abadi. Literasi: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 817-821.

Izzati, U. A. (2011). Penerapan Johari Window untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja di Panti Asuhan Uswah Surabaya. PERSONIFIKASI, 77-89.

Kristiana Haryanti, ,. E. (2020). Efektivitas Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepercayaan Diri Dan Harga Diri Pada Remaja Panti Asuhan. VITASPHERE, 49-62.

Monnalisza, N. S. (2018). Kepercayaan diri remaja panti asuhan Aisyiyah dan implikasinya terhadap layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 77-83.

Navi Agustina, ,. A. (2021). Kegiatan Mengenal Diri Pada Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 230-242.

Downloads

Published

2023-01-05

How to Cite

Nurmala Hayati, & Fadhilla Yusri. (2023). MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI PANTI ASUHAN DARUL IKHLAS KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 114–125. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i1.460