PENGENALAN E-COMERCE SHOPEE DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN BASRENG SUA SNACK TEMBUNG MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i1.378Keywords:
E-commerce, shopee, Penjualan online, PKMAbstract
Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat implementasi manajemen teknologi, berfokus pada pengajaran dan implementasi aplikasi shopee, tujuan pada kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan ilmu pengetahuan mengenai penjualan online kepada masyarakat, kegiatan ini dilakukan di uinsu dan di rumah si pelaku usaha, Kegiatan ini menggunakan pendekatan pembelajaran pelayanan. Pembelajaran layanan merupakan pendekatan menyajikan suatu penerapan praktis dari pengetahuan baru dan berbagai keterampilan melalui proyek/tugas terstuktur dan kegiatan lainnya. Untuk itu, tim menyajikan teori dan praktik secara berurutan. Teori disajikan pada awal pelatihan kemudian disusul dengan aksi praktik. Objek pengajaran menyiapkan gadget berbasis android dan melakukan pengecekan jaringan agar mudah mengakses internet. Kami sebagai tim berharap semoga dari kegiatan ini dapat meningkatkan ilmu dan wawasan dan tentunya pelaku usaha yang belum menggunakan teknologi dalam usahanya bisa menggunakannya karena kegiatan ini. Jadi tidak tertinggal dari pengusaha pengusaha lainnya apalagi diera digital ini semua manusia menggunakan digital dalam aktivitasnya.
References
Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN RISIKO PADA MINAT BELI BELANJA ONLINE Rosian Anwar 1 Wijaya Adidarma 2. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwajaya, 14, 2.
Aziza, R. N. (2019). Pelatihan Internet dan Pengenalan E-Commerce Bagi Masyarakat Desa Ciaruteun Ilir Bogor. Terang, 1(1), 10–20. doi: 10.33322/terang.v1i1.92
Gasperzs, J., Limba, F. B., Engko, C., Layn, Y., Gainau, P. C., Bonara, R., & Putuhena, H. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Laporan Keuangan Ukm Menggunakan Aplikasi Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(1), 44–49. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/33204
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. doi: 10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. doi: 10.36987/ecobi.v7i1.1528
Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717. doi: 10.24176/simet.v7i2.786
Nurbayzura, W., Ahbab, T., Aqila, N. D. P., Sulistyowati, I., Khrisna, G. P., Dewanti, M. C., Wikartika, I., & Aminah, S. (2022). Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace Shopee Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Kelurahan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1347–1352.
Tendy, T. (2021). Mendorong Kreatifitas Mahasiswa Melalui Pengenalan dan Pelatihan Bisnis Online Bersama Shopee. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 11. doi: 10.30872/plakat.v3i1.5417
Wahyuni, N., Irman, A., Mutaqin, S., & Gunawan, A. (2019). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika, 6(1).
Widyanita, F. A. (2018). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE INDONESIA PADA MAHASISWA FE UII PENGGUNA SHOPEE (Vol. 66). Retrieved from https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf