PENINGKATAN PRODUK UMKM SEBAGAI BENTUK STRATEGI PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT PASCA PANDEMI MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING. (UMKM “JURAGAN LELE” dan UMKM “NASI KUCING”)
DOI:
https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i3.1060Keywords:
Deflasi, virus covid-19Abstract
Berdasarkan data dari badan pusat stasistik (BPS), Indonesia mengalami kontransi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020. Hal ini menyebabkan perekonomian mengalami deflasi atau penurunan drastis karena perkembangan ekonomi di Indonesia mempunyai pergerakan yang kurang stabil. Perubahan yang terjadi dipengaruhi adanya pandemi covid-19.Pemerintah indonesia mengeluarkan kebijakan guna mengurangi penyebaran virus covid-19. Namun kebijakan tersebut menyebabkan berkurangnya jumlah konsumsi rumah tangga. Konsumsi di Indonesia yang tidak terkendali menyebabkan perekonomian mengalami penurunan, untuk itu pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memulihkan perekonomian, pemerintah melaksanakan kebijakan dan membangun kerjasama dengan masyarakat ataupun pelaku usaha UMKM sebagai peran utama pada pergerakan pemulihan ekonomi Indonesia dan mendorong percepatan efektivitas ekonomi disetiap daerah. (Nainggolan, n.d.)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bagus Hari sugiharto, Muhammad Buyung Saputra, Ahmad Dwiky Ali Hakim, Mochamad Saiful Rizal, Moh Nurus Shobah, Muhammad Nasi Khudin, Tsania Al Adawiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.