Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada Koperasi Obor Mas Kantor Cabang Utama Sikka

Authors

  • Maximilianus Merang Tukan Universitas Nusa Nipa
  • Paulus Libu Lamawitak Universitas Nusa Nipa
  • Maria Nona Dince Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v2i1.584

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengembalian Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada KSP Koperasi Obor Mas Kanca Utama Sikka. Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini mulai diluncurkan pemerintah sejak 5 November 2007. Dimana adanya KUR ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para Pengusaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) sebagai tambahan modal usahanya. Oleh karena itu pihak koperasi juga harus lebih selektif dalam mencairkan KUR ini kepada nasabah sehingga sasaran untuk penambahan modal bagi pengusaha dapat tercapai. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitan ini merupakan jenis penelitian Kualitatif. Adapun faktor-faktor yang diduga mempengaruhi tingkat pengembalian Kredit Usaha Rakyat (KUR)  adalah usia, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga, jumlah pinjaman, pengalaman usaha, dan omzet usaha. Secara umum prosedur pencairan KUR haruslah melewati tahap kelengkapan berkas, pengajuan permohonan, dan penilaian kredit apakah layak atau tidak untuk mendapatkan KUR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengembalian Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada KSP Koperasi Obor Mas Kanca Utama Sikka meliputi jumlah pembiayaan, jangka waktu pengembalian, omzet usaha, dan lama/pengalaman usaha.

 

References

Afriyeni. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Talang Cabang Solok. Jurnal Ilmiah Keuangan dan Perbankan Volume 4 nomor 2.

Anwar. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arinda, N. & GhozalI, M. 2016. Analisis Pengaruh Usia, Jumlah Tanggungan dalam Keluarga, Pengalaman Usaha, Omzet Usaha, dan Jumlah Pinjaman Terhadap Tingkat Pengembalian Kredit oleh UMKM . Jurnal Ilmiah, Volume 7 Nomor 2 Tahun 2016.

Baroh, I. 2009. Artisipasi Masyarakat Sub Urban dalam Pembangunan Kota Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi. ISSN : 2252-6544, Vol. 7(1) .

Hariyani, Iswi. 2010. Restruktutisasi dan Penghapusan Kredit Macet. Jakarta: PT,. Elex Media Komputindo.

Hasibuan, Malayu. 2008. Dasar-Dasar Perbankan. Bumi Aksara: Jakarta.

Ikatan Akuntansi Indonesia. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 27 (Revisi 1998). Akuntansi Perkoperasian. Jakarta : Salemba Empat.

Ismail. I, 2010. Restrukturisasi & Penghapusan Kredit Macet. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Kasmir. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

———. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara

———. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara

———. 2016. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.

———. 2017. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Rajawali pers, Jakarta

Mukti, Asih. 2007. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembalian Kredit Pengusaha Kecil pada Program Kemitraan Corporate Social Responsibility. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Muljono, Djoko. 2013. Buku Pintar Strategi Bisnis Koperasi Simpan Pinjam, Yogyakarta : Andi

Pandia. R. 2012. Pengantar Koperasi. Makassar : Badan Penerbit UNM.

Peraturan Menteri Keuangan : Nomor 05 Tahun 2008 tentang Fasilitas Penjaminan Kredit Usaha Rakyat.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia : Nomor 135/PMK.05/2008 tentang Fasilitas Penjaminan Kredit Usaha Rakyat.

Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia : Nomor 13/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Pedoman Akuntansi Usaha Simpan Pinjam Oleh Koperasi.

Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam Oleh Koperasi

Prawirakusumo. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Pembiayaan Syariah Untuk UMKM Agribisnis Pada KBMT Wihdatul Ummah Kota Bogor. Skripsi. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

PSAK No. 27 tahun 2007 tentang Akuntansi Perkoperasian

Revrisond Baswir. 2000. Koperasi Teori dan Praktik. Jakarta : Erlangga.

Rochmawati. M. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Usaha Rakyat (Kur) Mikro. Jurnal Riset Akuntansi Vol.5, No.2, Desember 2017, Hal. 188-200.

Rudianto. 2010 . Akuntansi Koperasi Edisi Kedua. Jakarta. Erlangga.

Rusidi. 2006. Metodologi Penelitian. Bandung : UNPAD.

Samti, A. M. 2011. Faktor - faktor yang Mempengaruhi Pengembalian Kredit Bermasalah di Gerai Kredit Venera Bogor. Skripsi. Bogor : Departemen Manajemen.

Sandy Hermawan. 2019. Analisis Karakteristik Debitur yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Pundi Kencana. Skripsi. Malang : Universitas Brawijaya.

Subagyo. 2019. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengembalian Pembiayaan Murabahah Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Pada BRI Syariah KCP Jombang Ploso. Thesis. IAIN Ponorogo, 2019.

Sudarso, H. 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Ekonisiana.

Sumardiono. 2014. Apa Itu Homesschooling. Jakarta : Gramedia.

Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia : Nomor 31/147/KEP/DIR.

Tanjung, Chairul. 2012. Manajemen Bisnis. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara

Thamrin dan Sintha. 2018. Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Medis.

Triwibowo, D. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembalian Kredit Bermasalah oleh Nasabah di Sektor Perdagangan Agribisnis, Kasus pada BPR Rama Ganda Bogor. Skripsi S1 Manajemen. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Undang-undang republik Indonesia nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang UMKM

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian

Universitas Tirtayasa, T. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa i (Pertama (ed.)). Universitas Sultan Agung Tirtayasa

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Maximilianus Merang Tukan, Paulus Libu Lamawitak, & Maria Nona Dince. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada Koperasi Obor Mas Kantor Cabang Utama Sikka. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 227–238. https://doi.org/10.58192/profit.v2i1.584