Pengaruh E-Wallet, Mobile Banking, dan E-Money Terhadap Transaksi Bisnis Digital Pasca Covid-19

Authors

  • Afifah Rohmawati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rachmat Pramukty Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.1002

Keywords:

Post-Covid-19 Digital Business Transactions, E-Wallet, Mobile Banking, E-Money

Abstract

In a research or scientific publication, previous or related research is very important. Theories and phenomena of the relationship or influence between variables are strengthened by previous research or related research. This article explores technology-based business transaction research and discusses the elements that influence Post-Covid-19 Digital Business Transactions, namely E-wallets, Mobile Banking, and E-Money. The purpose of this article is to develop hypotheses about how the different variables interact that can be applied to future studies. The findings of the relevant literature evaluation are as follows: 1) E-wallets have an impact on post-Covid-19 digital business transactions; 2) Mobile banking has an impact on post-Covid-19 digital business transactions; and 3) E-Money has an impact on post-Covid-19 digital business transactions.

References

Alwi, S., Nadia, M., Salleh, M., Alpandi, R. M., & Farazh, F. (2021). Fintech As Financial Inclusion : Factors Affecting Behavioral Intention To Accept Mobile E-Wallet During Covid-19 Outbreak. 12(7), 2130–2141.

Angelica, L., & Soebiantoro, U. (2022). Analisa Menggunakan Dompet Digital. Jurnal Manajemen, 14(2), 232–238. https://doi.org/10.29264/jmmn.v14i2.11209

Armiani. (2022). E-Commerce berbasis Cash On delivery Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(1), 668–676.

Azindhani, Z. (2021). Penggunaan Aplikasi Dana Sebagai Media Dompet Digital dan Transaksi di Indonesia Abstrak Pendahuluan Tinjauan Pustaka Metode Penelitian.

Budiarta, K., Ginting, S. O., & Simarmata, J. (2020). Ekonomi dan Bisnis Digital.

Elfiza, R. (2021). Pengaruh Pandemi covid 19 terhadap penggunaan transaksi mobile banking, internet banking dan e-money pada Bank Syariah Indonesia KCP Ulak Karang Padang.

Ericaningtyas, R. B., & Minarso, B. (2021). ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA DALAM MINAT PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN E-WALLET DI MASA PANDEMI COVID-19 ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang ). Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Auditing, 2(2), 1–20.

Farahdiba, E. S. (2019). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat pengguna e-wallet sebagai alat transaksi terhadap mahasiswa di Yogyakarta.

Hasibuan, I. A. (2020). PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN E-MONEY DAN KEMANFAATAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY (STUDI KASUS MASYARAKAT PEMILIK OVO DI MEDAN).

Hendarsyah, D. (n.d.). PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK DAN UANG VIRTUAL. 1–15.

Kamela, H., Alam, R. S., & Nugroho, A. P. (2022). PENGARUH PENGADOPSIAN INTERNET BANKING DAN DOMPET DIGITAL TERHADAP TRANSAKSI KEUANGAN PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 39–45.

Kusumaningtyas, F. I., & Budiantara, M. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI METODE PEMBAYARAN TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN SLEMAN SEJAK PANDEMI COVID-19 Florensia. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1603–1616.

Lahusa, R. (2023). PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN E-WALLET DAN MOBILE BANKING SELAMA PANDEMI COVID-19. JEBESH: Journal of Economics Business Ethic and Science Histories, 1(1), 13–23.

Listiawati, R., Vidyasari, R., Akuntansi, J., & Jakarta, P. N. (2022). ANALISIS MINAT PENGGUNAAN BERULANG E-WALLET SELAMA PANDEMI COVID-19 ( Studi Kasus di 5 Kota Terdampak Covid-19 di Indonesia ). Account; Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 9(1), 1616–1624.

Manurung, A. P., Nainggolan, P., & Purba, D. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK TERHADAP TINGKAT KONSUMSI MASYARAKAT DI KOTA PEMATANGSIANTAR PADA SAAT PANDEMI COVID-19 teknologi yang semakin canggih akan mendorong resiko pemalsuan uang tunai . Indonesia , 2009 ). 3(2), 68–80.

Mawarni, R., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Islam, U., Raden, N., Lampung, I., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai Upaya Customer Retantion Pada Masa Covid-19. Al-Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(2), 39–54.

Nabila, V. S., & Aslami, N. (2022). Implementasi penggunaan e-money pada e-commerce di masa pandemi sebagai pendukung less cash society. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1716–1725.

Ninggar, A. D., & Anggraini, I. K. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Generasi Z Dalam Konsumsi E-Wallet Saat Pandemi Covid-19 ( Studi Pada Mahasiswa Aktif Program Sarjana Di Kota Malang ). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 01(02), 131–141.

Ningrum, E. P. (2022). Keefektifan Manfaat , Kemudahan Penggunaan , dan Keamanan pada Minat Menggunakan E-Money dalam Meminimalisir Penyebaran Covid-19 pada Masyarakat di Masa Pandemi. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(1), 42–47.

Nurohman, Y. A., Qurniawati, R. S., & Ahzar, F. A. (2022). PEMBAYARAN DIGITAL SEBAGAI SOLUSI TRANSAKSI DI MASA PANDEMI COVID 19: STUDI MASYRAKAT MUSLIM SOLO RAYA). Among Makarti, 15(2), 260–275.

Pasaribu, P. N. (2021). The Nexus of Covid-19 Pandemic and Behavioral Intention in Using Mobile Banking among Students. 1. https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5487

Patrik, J., & Lady. (2022). Faktor yang Mempengaruhi untuk Menggunakan Mobile Banking dari Internet Banking Terhadap Penggunaan Konsumen Perbankan di Indonesia Abstrak. Journal of Management & Business, 5(1), 284–299. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1575

Putri, F. A., Nauli, T. S., Gusti, N., Putu, A., Solihat, L. N., Agisya, M. N., Jayantika, H., Husna, S., Alfarizi, U. R., Nyoman, I. G., & Jaya, M. (2021). Analisis Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Pemakaian E-Wallet pada Mahasiswa Jabodetabek.

Putri, N. I., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2022). Minat Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Pasca Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (SISFOTEK), 6, 155–160.

Raharja, J., & Natari, S. U. (2021). PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108–123.

Rahmat, D., Nuryusuf, P., & Noviana, T. N. (2022). Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03(1), 12–23.

Ramadhona, S. S. (2022). Analisis sistem penggunaan dan kemanfaatan e-money sebagai alat transaksi setelah masa pandemi covid-19.

Ribhi, A. A. (2023). DAMPAK STRATEGI PEMASARAN DIGITAL TERHADAP TREN TRANSAKSI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL PASCA COVID-19 PADA UMKM DI JEPARA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(8), 3269–3276.

Ridho, M. R. (2021). Pengaruh literasi keuangan, persepsi risiko, persepsi manfaat, dan locus of control terhadap financial behaviour management dalam penggunaan P2P lending paylater pada masa pandemi.

Rivani, E., & Rio, E. (2021). PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 : TELAAH PUSTAKA THE USE OF E-MONEY IN THE COVID-19 PANDEMIC TIME : Tahun 2020 merupakan tahun krisis dan negara di dunia akibat pandemi virus Covid untuk mengobati virus ini . 3 Indonesia secara yang. 26(1), 75–90.

Rohmah, Y. M., & Tristiarini, N. (2021). Pengaruh sistem pembayaran e-money dalam era digital di tengah wabah covid-19 (studi kasus pada masyarakat semarang). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(01), 414–425.

Saibil, D. I., Sodik, F., & Mardiah, A. A. (2022). FAKTOR MEMPENGARUHI NIAT MENGGUNAKAN QRIS PADA SHARIA MOBILE BANKING SAAT PANDEMI COVID-19(MODIFIKASI MODEL UTAUT 2). Jurnal Nisbah, 8(2), 76–92.

Sihombing, A., Inneztiana, A. R., Girsang, A. V., Pangaribuan, A. B., Panjaitan, L. S., Haykal, M., Mardianto, M. F. F., Airlangga, U., Airlangga, U., Airlangga, U., Airlangga, U., Airlangga, U., Airlangga, U., & Airlangga, U. (2023). Perpindahan Minat Mahasiswa Terhadap Penggunaan Aplikasi E-Wallet Sebelum dan Setelah Perkuliahan Luring di Masa Pandemi Covid. Zeta-Math Journal, 8(1). https://doi.org/10.31102/zeta.2023.8.1.39-46

Suwarni, E. (2021). MONEY ) BEREDAR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19. 195–212.

Wahyuni, A., & Putyri, E. D. (2021). Pemanfaatan mobile banking serta internet banking pada masa pandemi covid-19 pada pt bank syariah mandiri kantor cabang tangerang bsd. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Perbankan, 2(1), 66–71.

Wibiadila, I. (2016). Pengaruh kegunaan, kemudahan, resiko, dan kualitas layanan terhadap minat nasabah dalam menggunakan mobile banking.

Wulandari, D. P. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING PADA PT. BANK SYAROAH MANDIRI KANTOR CABANG LUBUK PAKAM.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Afifah Rohmawati, Cris Kuntadi, & Rachmat Pramukty. (2023). Pengaruh E-Wallet, Mobile Banking, dan E-Money Terhadap Transaksi Bisnis Digital Pasca Covid-19. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 206–219. https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.1002