ANALISIS IMPLEMENTASI SENSOR INFRA MERAH TERHADAP HASIL INSTRUKSI PADA RANGKAIAN IC GERBANG LOGIKA PALANG PINTU OTOMATIS

Authors

  • Dicky Satria Elsaputra Universitas Panca Budi

DOI:

https://doi.org/10.58192/ocean.v2i1.580

Keywords:

Sensor, Infra Merah, Instruksi Logika, Otomatis

Abstract

Satuan ruang parkir merupakan ukuran luas efektif untuk meletakkan satu buah kendaraan (mobil penumpang, bus/truk, atau sepeda motor). Di dalamnya sudah termasuk ruang bebas di kiri dan kanan kendaraan dengan pengertian pintu bisa dibuka untuk turun naik penumpang serta hal-hal tertentu seperti ruang gerak untuk kursi roda khusus untuk parkir kendaraan bagi penderita cacat serta ruang bebas depan dan belakang.

Palang Pintu Parkir, atau dengan nama lain barrier gate, adalah suatu alat pembatas keluar masuk kendaraan, fungsi dari palang pintu parkir atau palang parkir ini adalah sebagai tanda diperbolehkanya sebuah kendaraan memasuki atau keluar dari lahan parkir, setelah melalui pos penjaga parkir. Palang pintu parkir biasa dioperasikan dengan mempergunakan listrik searah DC atau AC, tergantung dari kebutuhan dan tingkat harga yang disesuaikan dengan kondisi lapangan, Kecepatan palang pintu parkir membuka, adalah salah satu point yang menjadikan sebuah harga untuk barang tersebut, sebab kecepatan membuka akan mempengaruhi siklus layanan parkir secara keseluruhan, apabila palang parkir membuka lebih cepat, maka akan lebih banyak kendaraan yang dilayani, baik itu keluar atau masuk area parkir, dan akhirnya para pelanggan parkir akan lebih puas, apabila memang kecepatan tersebut mengurangi waktu tunggu dari pelanggan parkir.

References

Allard, C. Frederick (1989): Fiber Optics Handbook for Engineers andscientists, :McGraw-Hill

Brown, T.G (2000): Optical Fibers and Fiber Optic Communications: in Handbook of Optics, Chapter 1, vol IV, pp. 1.44-1.47, SA Press: McGraw-Hill

D. Gloge, :Offset and Tilt Losses in Optical Fiber Splices,” B.S.T.J., 55, No. 7 (September 1976) :pp. 905-915.

Greivenkamp, John E. (2004) : Field Guide to Geometrical Optics. SPIE Field Guides vol FG01. SPIE: ISBN 0-8194-5294-7. P. 29.

H. Kogelnik : Coupling and Conversion Coefficients for Optical Modes in Quasi-Optics : Microwave Research Institute Symposia Series, 14, New York: Polytechnic Press, 1964, pp. 333-347.

PL 1.1 : Dasar Sistem Komunikasi Optik, OPTICAL ACCESS NETWORK, PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk

Ptolemy (ca. 100-ca. 170) Eric Weinstein’s World of Scientific Biography.Thomas, Sri, Widodo, 1995 : Optoelektronika Komunikasi Serat Optik : Cetakan Pertama, Andi Offset : Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-02-17

How to Cite

Dicky Satria Elsaputra. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI SENSOR INFRA MERAH TERHADAP HASIL INSTRUKSI PADA RANGKAIAN IC GERBANG LOGIKA PALANG PINTU OTOMATIS. Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik Dan Teknologi Maritim, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.58192/ocean.v2i1.580