SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN WORDPRESS DI CV. AKASYAH SYAHDAN MAKMUR

Authors

  • M. Reza Ramadhon Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Didik Aribowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.58192/ocean.v1i4.376

Keywords:

Teknologi, Sistem Informasi, Web, Wordpress.

Abstract

Perkembangan teknologi dan sistem informasi yang sudah marak dilakukan oleh berbagai instansi baik itu di industry, perekonomian, serta pendidikan. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki juga akan semakin dituntut untuk mengalami kemajuan dan peningkatan. Sistem Informasi sekolah merupakan sebuah sarana ataupun  alat yang bisa digunakan oleh sekolah sebagai bentuk peningkatan dalam pelayanan dan kualitas sekolah. Melalui sistem ini, pihak sekolah dapat berinteraksi dengan banyak pihak yang terkait. Sistem adalah suatu rangkaian yang terdiri dari dua atau lebih komponen yang saling berhubungan dan saling berinteraksi satu sama lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei, yaitu data yang didapat yaitu dari hasil pengerjaan proyek pengelolaan website di tiga sekolah yang bekerja sama dengan CV. Akasyah Syahdan Makmur. Wordpress sebagai Content Management Sistem (CMS) untuk sistem informasi sekolah saat ini karena pengelolaannya yang cukup sederhana dan mudah, namun memiliki fitur-fitur yang sangat luas penggunaannya. Sistem informasi merupakan suatu hal yang saat ini sangat perlu untuk disebarluaskan ilmu pengetahuannya. Perkembangan teknologi di dunia pendidikan menghadirkan sebuah upaya peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dalam dunia teknologi dengan dibuatnya website-website khusus sekolah.

References

Ardian Agung, d. (2009). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Bandung: Politeknik Telkom.

Fahrudin, A. P. (2012). Pembangunan sistem informasi layanan haji Berbasis web pada kelompok bimbingan ibadah haji Ar rohman mabrur kudus. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 36.

Firman, A. H. (2016). Sistem informasi perpustakaan online berbasis web. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 29-36.

Helianthusonfri, J. (2020). Panduan Mudah Membuat Website dengan Wordpress. Sleman: ARR.

I Kadek Adi Winaya, I. G. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan teknologi dan kejuruan, 198-211.

Kadir, A. (2002). Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yoogyakarta: ANDI.

Nurdyansyah, N. &. (2017). Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Priyanto Hidayatullah, J. K. (2017). Pemrograman WEB Edisi Revisi. Bandung: INFORMATIKA.

Riyadi, A. S. (2012). Perancangan sistem informasi berbasis website subsistem guru di sekolah pesantren persatuan islam 99 rancabango. Jurnal Algoritma, 327-337.

Romney, M. B. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Solihin, A. (2016). Pemrograman web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur.

Susanto, A. (2021). Mudah Membangun Website Sekolah dengan CMS WordPress. Yogyakarta: deepublish.

Utama, Y. (2011). Sistem informasi berbasis web jurusan sistem informasi fakultas ilmu komputer universitas sriwijaya. Jurnal Sistem Informasi.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

M. Reza Ramadhon, & Didik Aribowo. (2022). SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN WORDPRESS DI CV. AKASYAH SYAHDAN MAKMUR . Ocean Engineering : Jurnal Ilmu Teknik Dan Teknologi Maritim, 1(4), 64–74. https://doi.org/10.58192/ocean.v1i4.376