PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI KELEYAN I
DOI:
https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.962Keywords:
Picture and Pinture, Keaktifan Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui model pembelajaran picture and picture. Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Hasil analisa data bahwa: 1) perencanaan pepmbelajaran seperti menentukan bahan pelajaran dan merumuskan tujuan, mengembangkan dan mengorganisasikan media pembelajaran, merencanakan pengelolaan kelas, dan menyiapkan alat penilaian rencana pembelajaran, 2) langkah pembelajaran antara lain: melakukan pembelajaran, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar, 3) peningkatan kemampuan dengan indikator : menyebutkan angka 1-10, menunjukkan angka 1-10, dan mengurutkan angka 1-10 dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada siswa kelas 1 dengan menggunakan model picture and picture di SD Negeri Keleyan 1 Desa Socah yaitu siswa mengenal lambang bilangan 1-10 mencapai 85%.
References
Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Hamdani Nizar Alam,Hermana Dody.2008.Classroom Action Research.Rahayas
Istarani.2011. Model pembelajaran picture and picture
Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar.
Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi.
Rahardjo, dan Prof. Dr. Yusufhadi Miarso) Jakarta: Unit PercetakanUniversitas Negeri Jakarta.
Seels, Barbara R., & Richey, Rita C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. (Alih bahasa: Dra. Dewi S. Prawiradilaga, Drs. Raphael
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing
Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY Press.
Sugihartono. et al. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
http://weblogask.blogsport.com/2012/09/model-pembelajaran-picture-andpicture.html.
http://www.buatskripsi.com/2011/01/pengertian-keaktifan -belajar-siswa-html.