Pengenalan Bahasa Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini (PAUD) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Anak
DOI:
https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.675Keywords:
Anak Usia Dini, Lagu, PembelajaranAbstract
Dunia modern menempatkan bahasa inggris sebagai bahasa Internasional yang menuntut setiap negara ketika berada dalam forum Internasional menggunakan bahasa inggris, mengingat akan pentingnya hal tersebut, sehingga menempatkan bahasa Inggris dalam kurikulum pendidikan nasional serta memberikan pelajaran bahasa inggris sejak dini terhadap anak usia dini menjadi penting dan urgen dilakukan. Dalam praktiknya pembelajaran bahasa inggris jelas berbeda dengan pelajaran lain yang sudah familiar dipeserta didik, sehingga dalam hal ini memerlukan metode khusus dalam pembelajarannya yang salah satunya adalah dengan mengajarkan lagu-lagu asing (Inggris) terhadap anak. Dengan demikian anak menjadi lebih suka dan memamahi dengan cepat dan menyenangkan.
References
Amy Kadarharutami, M. Psi. Sukses Mengasuh Anak Usia 3-6 Tahun. 2011. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kememterian Pendidikan dan Kebudayaan.
Brewster, J., Ellis, G., Girard, D. 2002. The Primary English Teachr’s Guide. England: Penguin English.
Brown, D. 2000. Teching by Principles. Cameron, L. 2001. Teaching Languages to Young Lerner. Cambridge: CUP.
David. 2001. Expressions 2: Meaningful English Communication. Boston: Heinle & Heinle.
Ellis, R. 1994. Second Language Acquisition. Oxford: OUP http://www.eslgames.com/edutainment/songs.htm
Murphy, Richard A. 1995. From Practice to Performance. Washington, DC: English Language Programs Division.Nunan,
Nurhadi. 1987. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru.
Opp-Beckman, Leslie & Klinghammer, Sarah J. Shaping the Way We Teach English: Successful Practices Around the World. Washington, DC: US Department of State.
Tarigan, H.G. 1993. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa