PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA DI MTSN ALWASLIYAH

Authors

  • Sahnia Uli Silitonga Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Liza Efriyanti Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Yopie Chairawan MTsN Al Wasliyah

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.487

Abstract

Ice breaking merupakan salah satu teknik yang dapat dilakukan pendidik dalam proses pembelajaran. ice breaking sendiri merupakan permainan atau kegiatan yang nantinya dapat berfungsu sebagai pengubah suasana keheningan dalam proses pembelajaran, yang mana ice breaking sendiri nantinya dapat bersifat spontan atau tanpa persiapan dalam memecahkan kebekuan dalam suatu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini sendiri nantinya yaitu untuk melihat apakah ice breaking berpengaruh atau tidak terhadap hasil belajar TIK siswa di MTsN Al Wasliyah. Penelitian ini sendiri merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dibatasi pada siswa kelas 7 dengan sampel sebanyak 29 orang pada siswa kelas 7.1 dengan teknik total sampling, Teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini sendiri yaitu terdapat pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar TIK siswa, yang mana hasil belajar TIK siswa sendiri meningkat atau lebih tinggi setelah menggunakan teknik ice breaking.

References

Astuti, Arini Yuli. 2010. Kumpulan Games Cerdas & Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Anggrek

BP, Abd Rahman, dkk,. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa. 2(1): 2-3

Dermawan, Rizky. 2005. Model Kuantitatif Pengambilan Keputusan. Bandung: Alfabeta.

Harsyad, Fatwal, dkk. 2016. Studi Komparasi Penggunaan Ice Breaking dan Brain Gym terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 21 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 4(2): 188.

Mat, Chek. 2007. Pengurusan Imej. Kuala LumpurL Utusan Publications & Distributor Sdn Bhd.

Said, M. 2010. 80+ Ice Breaking Games Kumpulan Permainan Penggungah Semangat. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Sahnia Uli Silitonga, Liza Efriyanti, & Yopie Chairawan. (2023). PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR TIK SISWA DI MTSN ALWASLIYAH. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 192–198. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.487