ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Dewita Sandri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Isnaniah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Tati Tisnawati SMPN 1 Enam Lingkung

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.484

Keywords:

Minat Belajar, Pembelajaran Matematika SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran matematika di SMPN 1 Enam Lingkung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber wawancara terdiri atas 9 orang dengan 3 orang siswa kelas IX yang nilai matematikanya rendah sekaligus bertindak sebagai objek penelitian, 3 orang tua siswa, 2 guru wali kelas dan 1 orang guru BK. Dalam pengambilan data peneliti melakukan observasi langsung dan wawancara. Setelah mendapatkan hasil dari wawancara, peneliti mendapatkan bahwa faktor rendahnya minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran matematika, diantaranya: (1) tidak cukupnya waktu istirahat siswa, (2) kurangnya motivasi belajar siswa, (3) siswa tidak tertarik terhadap matematika, (4) adanya 2 kegiatan sekaligus yaitu sekolah dan pesantren, (5) adanya pengaruh dari efek pasca covid-19 atau pembelajaran daring.

References

Anggraeni, Evi. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari di SDN Dukuhwaru 4 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Semarang: UNNES.

Baringbing, Alda; dkk. 2022. Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD. Medan: Universitas Katolik Santo Thomas.

Dwi, Muliani, R; Arusman. 2022. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pebgabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Marleni, Lusi. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia Vol. 1 No. 1: Jurnal Pendidikan Matematika.

Purwanti, Popi. 2021. Pengaruh Pemberian Ulangan Harian Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Universitas Indrapasta PGRI: Prosiding Seminar Nasional Sains.

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si. 2017. Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Simbolon, Naeklan. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Universitas Medan: Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan.

Susy, Silviani, A. 2020. Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Implementasi Kurikulum 2013 Di Kelas IV A SDN 09 Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang: Prodi PGSD.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Dewita Sandri, Isnaniah, & Tati Tisnawati. (2023). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 175–185. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.484