PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM KONSEP EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 CIKARANG PUSAT

Authors

  • Siti Nuraisah Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.432

Abstract

Proses pembelajaran diperlukan suatu strategi pembelajaran yang tepat agar siswa merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Pembelajaran ekosistem pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Cikarang Pusat dengan mengajak untuk melakukan eksplorasi terhadap lingkungan untuk dijadikan siswa sebagai sarana belajar untuk belajar aktif dalam berinkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Cikarang Pusat selama 2 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan metode pre-exsperimental design, dengan desain one group pretes-postes design. Populasi yang diambil dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Cikarang Pusat. Sampel yang digunakan satu kelas yaitu X6. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil pretest rata-rata 62,62 sedangkan posttest 80,87. Kemudian dari hasil analisis data nilai t hitung 76,53 yang hasil nya lebih besar dari t tabel 2,70 maka t hitung ≥ t tabel signifikan (berbeda nyata). Dilihat berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta : Rineka Cipta.

Aryulina, Diah, dkk. (2007). Biologi SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarata : Gelora Aksara Pratama.

Cartono. (2008). Ekologi Tumbuhan. Bandung : Prisma Press Proktama.

Cartono. (2010). Evalusi Hasil Belajar Berbasia Standar. Bandung : Prisma Press.

Herlin. 2011. Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Mencari Pasangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sub Konsep Sistem Hormon. (Skripsi). FKIP Unpas Bandung : tidak diterbitkan.

Hake, Richard R. (1991). Analyzing Change/Gain Score. [ONLINE]. Tersedia : (http://www.physics.indiana..edu/~hake) diakses 24 juni 2012.

http://mahurianasla.blogspot.com/2011/02/implementasi-strategi-inkuiri-biologi.html diakses 25 juni 2012.

http://anandasatriamawan.blogspot.com/2009/02/model-latihan-inquiri.html [Online] [12 Maret 2012]

http://skripsi-karyailmiah.blogspot.com/2011/05/pembelajaran-inkuiri-inqiry- teaching.html diakses 20 April 2012.

http://resolusirijal.blogspot.com/2011/04/pembelajaran-berbasis-inkuiri.html diakses 20 April 2012.

http:// Downloads/Ekosistem%20«%20Analysiscloud's%20Blog.htm

diakses 30 Mei 2012

http://www.scribd.com/doc/51272082/24/M-Strategi-Pembelajaran-Inkuiri diakses 21 Mei 2012.

(http://mbegedut.blogspot.com/2011/02/pengertian-hasil-belajar-menurut-para.html) diakses 21 Mei 2012

Jonshon. Elaine B. (2006) Contextual Teaching Learning. Bandung :Mizan Learning Center.

Pratiwi. D.A, dkk. (2007). Biologi untuk SMA Kelas X. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.

Rustaman, N (2005) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka cipta.

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosidakarya.

Suyono, dkk. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosadakarya.

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.

Suhaerah, L. (2010). Pengantar Biostatistik untuk Pendidikan Biologi. Bandung : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar.

Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suparmi. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Semester 1 SMP Negeri 3 Cimahi Pada Pembelajaran Sains Dalam Konsep Ekosistem. (Skripsi). FKIP Unpas Bandung : Tidak diterbitkan.

Ulfah, Maya. (2011). Perbandingan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Konsep Pencemaran Air. (Skripsi). FKIP Unpas Bandung : Tidak diterbitkan.

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

Warda, A. K, dkk The Effectiveness of SSCS Learning Model with KNWS Strategy towards Mathematical Creative Thinking Ability and Self Confidence of Student. Unnes Journal of Mathematics Education, 2017;

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Siti Nuraisah. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DALAM KONSEP EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 CIKARANG PUSAT. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 139–148. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.432