IMPLEMENTASI METODE YANG MENYENANGKAN PADA PEMBELAJARAN SKI DI MIN 12 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.424Keywords:
Metode menyenangkan, SKI, Quantum TeachingAbstract
Penerapan metode menyenangkan dalam pembelajaran SKI di MIN 12 Kota Medan berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa, serta mampu menumbuhkan rasa semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Adapun hasil penelitian: (1) Sebelum memulai pembelajaran guru harus menumbuhkan minat belajar siswa dengan cara bercerita. (2) Melibatkan siswa untuk mengalami langsung materi yang dipelajari. (3) Memperkenalkan siswa dalam penamaan materi yang berkaitan dengan pengalamannya dengan suatu rumusan teori ilmiah, (4) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerapkan segala hal baru disertai bukti-bukti. (5) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan di depan kelas. (6) Memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa yang antusias saat pembelajaran berlangsung.
References
Aditya Dedy Yusuf, (2016), Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resistasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Jurnal SAP, 1(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/1023
Azizeh Siti Nur, (2021), Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Studi Keislaman, 7(1). http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alinsyiroh/article/view/4237
Hamruni, Strategi Pembelajaran, ( Insan Madani) h. 121. https://123dok.com/document/qoojm3kq-strategi-pembelajaran-pdf.html
Nurhasanah, (2016), Menerapkan Prinsip Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika, 5(3). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/download/4046/3159/
Puryanti Eris, (2016), Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kab. Oku Timur, (Palembang: UIN Raden Fatah Palembang. http://eprints.radenfatah.ac.id/471/
Trinova Zulvia, (2012), Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta didik, Jurnal Al Ta’lim, 1(3). http://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/55
Yahya Husniyati, (2017), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMS Islam Terpadu Al-Fityan Gowa, Jurnal Biotek, 5(1). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/3455