ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Winda Rahmasari Pangaribuan Universitas Negeri Medan
  • Katrina Samosir Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.411

Keywords:

Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SMP.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis penelitian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan objek penelitian yang bersifat kepustakaan. Metode studi kepustakaan atau studi literature adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka,membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian. Hasil temuan kepustakaan menunjukan adanya peningkatan setelah diberikan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Hal tersebut dilihat dari hasil penelitian beberapa sumber data dalam penelitian ini.

References

Abdullah, Karomah, Sri.(2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam soal Literasi matematika melalui Model Creative Problem Solving SMP N 9 Semarang. Prisma,Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Asikin,M dan Pujiadi.2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Crative Problem Solving (CPS) berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah . Lembaran Ilmu Kependidikan,Jilid 37 No.1 Tahun 2008.

Aprilia,Zainal(2021). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII B SMP N 14 Halmahera Tengah.JP3 Volume 16 Nomor 19.

Basrowi dan Suwandi. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta. Jakarta

Guntur,Ari,Mastika.2018. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.Jurnal Pendidikan Matematika.Vol 7(3).

Gustiana,Nia.2021. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. MATHEMA

JOURNAL.Vol 3(1)

Hadija, Herlawan.2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII melalui model Creative Problem Solving berbasis Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika.Vol 3 No 1.

Hartono .Matematika; Strategi Pemecahan Masalah.Yogyakarta:Graha Ilmu

Huda,M. 2014. Model-Model Pengajaran dan pembelajaran ,Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Khatibah,K. 2011. Penelitian Kepustakaan. Iqra:Jurnal Perpustakaan dan informasi,5(01),36-39

Mardalis. 1999. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Kualitatif. Bandung:Remaja Rosda Karya

Milfayetty,dkk.2018.Psikologi Pendidikan.Unimed.Medan.

Ngalimun. 2014 . Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Belajar

Novia, Rahmatika.2019.Efektivitas Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Swasta HKBP Padangsidimpuan.Jurnal MathEdu.Vol 2(3)

Patrisius Afriso.2017.Metacognition Process Of Students With High Mathemathics Anxiety In Mathemathics Problem Solving.International Journal Of Science And Applied Science.Vol 2 (1).

Setiawan.2010.Strategi Pembelajaran Matematika : Bahan Ajar Diklat Pengembang Matematika Sma Jenjang Dasar, SAI Global, Yogyakarta.

Sugiono.2019.Metode Penelitian Kualitatif,kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Surya, Edi dan Tut wuri H. Manurung. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Hidayah Medan, Journal Mathemathic Education, Medan.

Syaibani,R. 2012.StudiKepustakaan,(Online)3http://repository.usu.ac.id/bitstream,2016.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Winda Rahmasari Pangaribuan, & Katrina Samosir. (2022). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 70–86. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.411