PENGEMBANGAN SOAL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Dimas Geovana Universitas Indraprasta PGRI
  • Budhi Akbar Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Supardi Supardi Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.405

Keywords:

Universitas Indraprasta PGRI

Abstract

Keterampilan proses sains sebagai suatu prosedur ilmiah dalam pembelajaran sains. Pentingnya soal KPS dalam pembelajaran melatihkan kemampuan berpikir peserta didik.  Secara khusus, hasil belajar sains dipengaruhi oleh soal KPS untuk menemukan fakta dan konsep sendiri. Studi ini didesain untuk menghasilkan produk soal KPS yang valid dan reliabel dalam materi biologi kelas X SMA. Metode: Pengembangan soal KPS mengikuti langkah-langkah model pengembangan tipe formative research Tessmer (1993). Sejumlah 60 siswa diseleksi secara Cluster Random Sampling dengan kriteria telah mendapatkan materi yang diukur untuk dilibatkan dalam studi ini. Sebanyak 55 butir soal KPS pilihan ganda yang dikembangkan tersebar ke dalam indikator observasi, klasifikasi, komunikasi, prediksi, menerapkan konsep, hipotesis, interpretasi, mengajukan pertanyaan dan merencanakan percobaan. Skor nilai sebagai data kuantitatif dianalisis uji validitas (logis dan empirik), reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan pengecoh dengan MS. Excel. Hasil: Temuan ini berdasarkan validitas empiris menghasilkan 49 soal yang valid (94,23%) serta reliabilitas menyatakan bahwa soal memiliki interpretasi sangat tinggi (0,87). Berdasarkan validasi logis oleh ahli memperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar 98,01%. Kesimpulan: Tahap menyusun tabel kisi-kisi soal sangat diperlukan dalam mengembangkan soal, sehingga antara indikator soal KPS yang dibuat dengan materi biologi, dapat tersebar secara merata untuk mengukur KPS siswa.

References

Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Jurnal TA’ALLUM, 04(01), 123–148.

Astuti, R., Widha, S., & Suciati, S. (2016). Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi Dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Motivasi Belajar Siswa. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 338–345.

Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1, 123–134. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Gusdiantini, L., Aeni, N. A., & Jayadinata, K. A. (2017). Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Gesek Melalui Pembelajaran Kontekstual. Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Gesek Melalui Pembelajaran Kontekstual, 2(1), 651–660. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10103

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Timss Indonesia ( Trends In International Mathematics And Science Study ). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569.

Ilmi, N., Desnita, D., Handoko, E., & Zelda, B. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016, V, SNF2016-RND-57-SNF2016-RND-62. https://doi.org/10.21009/0305010213

Khairunnisa, Ita, I. (2019). Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Mata Kuliah Biologi Umum Science. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 58–65.

Kurniawati, A., & Sukardiyono. (2018). The Development of Authentic Assessment Instrument to Measure Science Process Skill and Achievement based on Students ’ Performance. October 2017.

Lestari, S. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Materi Garam Hidrolisis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5, 87–98.

Rahayu, D., & Azizah, U. (2012). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Komputer Dengan Kombinasi Permainan “ Who Wants To Be a Chemist ” Pada Materi Pokok Struktur Atom Untuk Kelas X Sma RSBI. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa, B.41-B.50.

Sriyati, S., & Rahmayanti, E. (2013). Pengembangan Asesmen Pembelajaran Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 Pada Materi Fotosintesis Di Smp. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS, 2002, 1125–1129.

Tanti, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Wiza, O. H. (2020). Comparison of Student s’ Attitudes toward Natural Sciences in Rural Middle Schools in Jambi Province. TA’DIB, 23(1), 63–73. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/index%0AComparison

Yani, A., Asri, F. A., & Burhan, A. (2013). Analisis Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Produktif Di Smk Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 98–115.

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Dimas Geovana, Budhi Akbar, & Supardi Supardi. (2022). PENGEMBANGAN SOAL KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) MATA PELAJARAN BIOLOGI. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 24–38. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.405