SISTEM NILAI FILSAFAH HIDUP DAN PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN DI PESANTREN GENGGONG
DOI:
https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.404Keywords:
filsafah, pendidikan pesantren.Abstract
Pesantren sebagai lembaga keagamaan mendapat momentum dalam sistem pendidikan nasional dengan UU No. tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. sistem pendidikan nasional pendidikan agama masih diatur dengan peraturan pemerintah no. 55/2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan agama. Salah satu pesantren yang masih berdiri di usia 180 tahun pada tahun 2019 adalah Pesantren Zainul Hasan Genggong di Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem nilai falsafah hidup pondok pesantren dan juga prinsip pendidikan pondok pesantren Genggomg. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil penelitian penting sebelumnya.
References
Arifin, Z., & Turmudi, M. (2019). Character of Education in Pesantren Perspective: Study Of Various Methods of Educational Character at Pesantren In Indonesia Zaenal Arifin 1 , Moh. Turmudi 2 1. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(2), 335–348.
Bukhori, I. (2020). Satlogi SANTRI Pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo: Local Genius Penguat Karakter Bangsa. HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman, 6(1), 1–33. http://dx.doi.org/10.55210/humanistika.v6i1.319%0Ahttps://ejournal.unzah.ac.id/index.php/humanistika/article/download/319/305
Fauzi, A. (2017). Persepsi Barakah di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong: Studi Interaksionalisme Simbolik. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(1), 105. https://doi.org/10.21154/altahrir.v17i1.848
Fauzi, A., & Ainol. (2021). Transkulturai Nilai Satlogi sebagai Pilar dalam Membangun Pendidikan Inklusif. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(2), 109–124. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/IJHSS/article/view/1911
Herwati, H. (2021). Satlogi Santri Sebagai Sistem Nilai Dan Falsafah Hidup Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 15(1), 31–46. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v15i1.944