Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Verbal-Linguistik

Authors

  • Fenny Rezki Universitas Riau
  • Cyntia Cyntia Universitas Riau
  • Ana Seftiana Zuhel Universitas Riau
  • Akpal Pangestu Universitas Riau
  • Halwizal Zulkifli Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.401

Keywords:

Gaya belajar VAK, Kecerdasan Visual Linguistik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar Visual, Auditori dan Kinestik terhadap peningkatan kecerdasan verbal-lingusitik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket serta dokumentasi dan diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara gaya belajar Visual, Auditori dan Kinestetik Terhadap Kecerdasan Verbal-Linguistik memiliki korelasi yang rendah.

References

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.

Ananda, A. P., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 3(2), 102-108.

Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2).

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).

Russel, Lou. 2011. The Accelerated Learning Fieldbook. Bandung: Nusa Media. Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1-12.

Wijaya, I. K. W. B. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 147-154.

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan majemuk pada anak. Sari Pediatri, 7(2), 85-92.

Fadilah, R. (2019). Pendidikan Islam Dan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). AL-IRSYAD, 9(2).

Halimah.Andi dkk(2018).Pengaruh Kecerdasan Verbal Linguistik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.Jurnal Pendidikan Dasar Islam.5(2).

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Fenny Rezki, Cyntia Cyntia, Ana Seftiana Zuhel, Akpal Pangestu, & Halwizal Zulkifli. (2022). Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Verbal-Linguistik. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 01–08. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i1.401