Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Nadia Wulidar Rohmah Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Hermawan Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v4i1.2894

Keywords:

Learning Activity, Learning Outcomes, Student Activity, MTs

Abstract

This literature study examines the effect of learning activeness on learning outcomes in various Madrasah Tsanawiyah in Indonesia. In order for student learning outcomes to improve, teachers need to have the ability to develop student learning activeness in every learning process. Efforts to generate student learning activeness are needed so that the implementation of learning activities can run effectively. This study uses a literature review approach by analyzing various related scientific sources. The results showed that student learning activeness affects the improvement of student learning outcomes. Learning activeness has an important role because it can encourage self-confidence and improve student learning outcomes.

References

Akmal, D. K., Darmawan, D., & Wardani, A. (2015). Manajemen pendidikan. IntiPresindo Pustaka.

Al Mursyidi, B. M., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2023). Pengaruh prestasi belajar PAI, penggunaan media sosial, dan kecerdasan emosional terhadap akhlak peserta didik MTs Miftahiyah Yasi Bangkalan. RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(7), 3129–3141.

Alimuddin, H. (2017). Pengaruh keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satap Bungoro. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61–74.

Amrulloh, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh kebiasaan belajar, lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa MTS Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(1), 188–200.

Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2022). Hubungan kecerdasan emosional dan hasil belajar dengan kualitas komunikasi mahasiswa Fakultas Ekonomi. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(1), 45–49.

Dena, S., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh budaya sekolah, hasil belajar PAI, dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter siswa di SMA Negeri 4 Surabaya. RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 3333-3349.

El-Yunusi, M. Y. M., & Sari, N. (2023). Problem based learning dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(2), 113–132.

El-Yunusi, M. Y. M., Mansur, M., Mahmud, A., & Hadi, S. (2023). Pemanfaatan lembar kerja siswa dalam peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam: Studi kasus di SMP Darul Ma’arif Sampang. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 182–195.

Fadjrin, N. N. (2017). Hubungan keaktifan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Jurnal MathGram Matematika, 2(1), 1–8.

Hadi, A., K., Karim, & A., Danaryanti. (2020). Analisis self concept, keaktifan, dan hasil belajar matematika siswa SMP. Konferensi Nasional Pendidikan, 1–5.

Hanifah, A. M., & Sumardi, S. (2022). Pengaruh kesulitan belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar di MTS Negeri 4 Wonogiri. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematik, 8(2), 165–170.

Haqiqi, M. F., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh lingkungan sekolah, kemandirian dan waktu belajar terhadap hasil belajar siswa MTS Nahdlatul Athfal Gersempal Omben Sampang. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 52–62.

Haryono, A., Miftahurrohmah, M., & Afifah, S. (2023). Pengaruh keaktifan peserta didik saat pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPS di MTS Al-Mujtahidin Sumber Harapan. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 01(9), 30-40.

Hutomo, S., Akhmal, D., Darmawan, D., & Yuliana. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Addar Press.

Irawan, A. I., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh lingkungan keluarga, kemandirian belajar, dan media belajar terhadap motivasi belajar siswa di MI Babussalam Krian Sidoarjo. Journal on Education, 6(3), 16220–16233.

Islam, M. R., Pramahdi, Y. S., Nengseh, Y., & El-Yunusi, M. Y. M. (2023). Penerapan Paikem menggunakan media game interaktif dalam meningkatkan minat belajar PAI di SMP Kartika IV-1 Surabaya. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 186–211.

Mala, S. (2023). Pengaruh minat baca dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VII di MTS Al Imam Abi Yazid. TADZAKKUR, 4(2), 23–37.

Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh metode pemberian tugas, interaksi sosial, dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Darul Ulum Tandes Surabaya. Jurnal Tarbawi, 14(1), 39–52.

Mutiara, I., & Syafrianti, T. (2021). Pengaruh keaktifan dan minat baca terhadap hasil belajar SKI siswa di MTS Negeri 5 Bengkalis. Jurnal Tamaddun Ummah, 1(1), 1–18.

Nada, H. Q., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh kemandirian belajar, gaya mengajar, dan interaksi sosial terhadap keaktifan belajar siswa SMP Islam Plus Al-Azhar Kota Mojokerto. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 5(1), 201–208.

Nafis, M. A., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Penggunaan metode active learning dalam meningkatkan antusiasme belajar mata kuliah microteaching mahasiswa Universitas Sunan Giri Surabaya. Impressive: Journal of Education, 2(1), 12–17.

Putra, F. P., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh metode pembelajaran, gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa MI Roudlotul Mustashlihin Masangankulon Sukodono Sidoarjo. Journal on Education, 6(4), 18323–18337.

Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan antara gaya belajar dan keaktifan belajar matematika terhadap hasil belajar siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83–88.

Riani, S., Sari, N. P., & Syamsi, F. (2016). Hubungan antara minat baca dan keaktifan belajar dengan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas VII SMP Negeri 53 Batam. JURNAL SIMBIOSA, 5(1), 51–55.

Santoso, D., & Rokhayati, U. (2007). Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran rangkaian listrik melalui pembelajaran kooperatif teknik STAD mahasiswa jurusan pendidikan teknik elektronika FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 271–292.

Sinaga, J. A. B. (2022). Pengaruh keaktifan belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika di kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar. Journal On Teacher Education, 4(2), 1646–1654.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Pustaka Pelajar.

Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237.

Ulichusna, A. A., Sari, T. H. N. I., & Susilo, G. (2019). Pengaruh metakognisi dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Kompetensi, 12(1), 44–52.

Usa, S. La, & Muhudiri, F. (2021). Pengaruh keaktifan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sampolawa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 87–92.

Downloads

Published

2025-01-06

How to Cite

Nadia Wulidar Rohmah, & Didit Hermawan. (2025). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 159–173. https://doi.org/10.58192/insdun.v4i1.2894