Model Blended Learning Pada Materi SPLDV; Eksperimentasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano

Authors

  • Ansuryani Umar Universitas Negeri Manado
  • Anetha L. F Tilaar Universitas Negeri Manado
  • Victor R. Sulangi Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.238

Keywords:

Hasil Belajar, Blended Learning, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada ekperimentasi model blended learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini membandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model blended learning dan model pembelajaran langsung. Populasi adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano, dan sampel yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VIIIA (Kelas Eksperimen) dan kelas VIIIB (Kelas Kontrol). Metode yang digunakan adalah model eksperimen semu dengan desain Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Hasil analisis Uji-t mendapatkan thitung = 2,67 > ttabel = 1,68 dengan taraf nyata α = 0.05. Hal ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan nyang didapat adalah penggunaan model blended learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. FIKROTUNA, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019, November). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.

Hignasari, L. V., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self Assessment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 206. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476

Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Hasil Pustaka.

Lolombulan, J.H. (2017). Statistika bagi Peneliti Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Mangelep, Navel Oktaviandy. 2011. Variabel-Variabel Dalam Penelitian. Diakses dari: https://navelmangelep.wordpress.com/tag/pengertian-variabel-penelitian/, tanggal18 Januari 2020

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Roshonah, Adiyati Fathu. (2020). Penerapan Model Blended Learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika di SDN Pisangan 01. Available at: https://scholar.google.co.id/citations?user=gYTd9jAAAAAJ&hl=ide

Sofiana, N. (2015). Implementasi blended learning pada mata kuliah extensive listening. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1).

Sulistyaningsih, M., Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 105-114.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Ansuryani Umar, Anetha L. F Tilaar, & Victor R. Sulangi. (2022). Model Blended Learning Pada Materi SPLDV; Eksperimentasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tondano. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 98–107. https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.238