MENGKAJI MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM PUISI "DI LERENG GUNUNG" KARYA J.E TATENGKENG DENGAN PENDEKATAN SEMIOTIKA
DOI:
https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.228Keywords:
semiotika, mengkaji, di lereng gunung.Abstract
Penelitian ini membahas tentang kajian makna yang terkandung dalam puisi yang berjudul “Di lereng gunung” karya J.E Tatengkeng. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui makna yang terkandung disetiap kata pada puisi “Di lereng gunung”. Penelitian ini mendeskripsikan kajian makna yang terkandung dalam puisi “Di lereng gunung”. Metode analisis isi, yaitu dengan menggunakan pendekatan semiotika. Pendekatan semiotika digunakan untuk mengetahui bagaimana makna yang terkandung didalam puisi “Di lereng gunung” tersebut. Pendekatan semiotika merupakan pendekatan yang berhubungan dengan lapangan tanda yaitu pengertian suatu tanda. Dalam pengertian tanda ada dua yang difokuskan yaitu bentuk tanda biasa disebut dengan penanda, dengan prangko penandanya atau yang ditandai berdasarkan pemaparan terdahulu.
References
Ahimsa-Putra, H. S. (2012). Strukturalisme Levi-Strauss: Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Kepel Press.
Aminuddin. (1995). Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club TvOne Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Jurnal Disastra, Vol. 3 No.1, 98-103.
Aprilianti, D., Herawati, M. N., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah terhadap Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen pada Siswa SMP. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP Siliwangi, Vol. 2 No.3, 427-432.
Atmazaki. (1991). Analisis Sajak: Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Bandung: Angkasa.
Damono, S. D. (1999). Politik Ideologi dan Sastra Hibrida. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Herliani, Y., Isnaini, H., & Puspitasari, P. (2020). Penyuluhan Pentingnya Literasi di Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Community Development Journal, Vol. 1 No. 3, 277-283.
Isnaini, H. (2022c). Mistik-Romantik Pada Novel "Drama dari Krakatau" Karya Kwee Tek Hoay: Representasi Sastra Bencana. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, Volume 9, Nomor 1, 21-32.
Isnaini, H. (2022d). Semiotik-Hermeneutik pada Puisi "Perjalanan ke Langit" Karya Kuntowijoyo. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Subang, Volume 3, Nomor 1, 20-30.
Isnaini, H., & Herliani, Y. (2022a). Gaya Humor Pada Puisi “Iklan” Karya Sapardi Djoko Damono Jurnal Metabasa: Universitas Siliwangi, Volume 4, Nomor 1, 1-9.
Isnaini, H., & Herliani, Y. (2022b). Ideologi Eksistensialisme pada Puisi "Prologue" Karya Sapardi Djoko Damono. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, Vol. 1, No. 1, 21-37.
Isnaini, H., Permana, I., & Lestari, R. D. (2022). Mite Sanghyang Kenit: Daya Tarik Wisata Alam di Desa Rajamandala Kulon Kabupaten Bandung Barat. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality, and Destination, Volume 1, Nomor 2, 64-68.
Jabrohim. (1996). Pasar dalam Perpektif Greimas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isnaini, H., & Farras, S. K. (2021). Nilai Budaya dalam Puisi "Madura, Akulah Darahmu" Karya D. Zawawi Imron: Analisis Folklor Madura. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume II, Nomor 2, 44-54.
Nurul, P., Putri, A., Puspitasari, T., & Permana, I. (2019). Analisis Puisi Heri Isnaini “ Prangko ” dengan pendekatan semiotika. Parole, 2(3), 365–370. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article
Ramdani, H., Alwan. (2016). Analisis semiotika bencana kabut asap. Universitas pendidikan indonesia.
Nurgiyantoro, B. (2017). Stilistika. Yogyakarta: UGM Press.
Suryawin, P. C., Wijaya, M., & Isnaini, H. (2022). Tindak Tutur (Speech Act) dan Implikatur dalam Penggunaan Bahasa. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniiora dan Ilmu Pendidikan, Volume 1, Nomor 3, 29-36.
Tarsyad, T. E. (2011). Kajian stilistika puisi Sapardi Djoko Damono. Banjarmasin: Tahura Media.
Teeuw, A. (1980). Tergantung pada Kata. Jakarta: Pustaka Jaya.