Analisis Kemampuan Penalaran matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Authors

  • Shofia Hidayah Universitas Nurul Jadid
  • Lailatul Fajriyah Universitas Nurul Jadid
  • Siti Aisyah Universitas Nurul Jadid
  • Diana Susilowati Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.58192/insdun.v2i4.1513

Keywords:

Matematika, Penalaran, SPLDV

Abstract

Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan yang dinilai penting dimiliki siswa dalam mempelajari matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Berdasarkan hasil pekerjaan siswa terhadap soal tes, siswa dibagi menjadi tiga kelompok kemampuan kognitif yaitu tinggi, sedang, dan rendah, masing-masing kelompok dipilih satu orang untuk dijadikan subjek penelitian. Dengan demikian subjek penelitian ini ada tiga orang yaitu siswa dengan kemampuan kognitif tinggi (T), sedang (S), dan rendah (R). Indikator pertama penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan mampu dipenuhi oleh subjek T, S, dan R. Indikator kedua penalaran matematis yaitu manipulasi matematika mampu dipenuhi oleh subjek T dan subjek S. Indikator ketiga penalaran matematis yaitu memberikan bukti dan alasan terhadap solusi yang dioeroleh hanya mampu dipenuhi oleh subjek T. Indikator keempat penalaran matematis yaitu menarik kesimpulan tidak dapat dipenuhi oleh ketiga subjek.

References

Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(2), 179–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249

Algani, Y. M. A. (2022). Role, need and benefits of mathematics in the development of society. Journal for the Mathematics Education and Teaching Practices, 3(1), 23–29. https://dergipark.org.tr/en/pub/jmetp/issue/70512/1129875

Anisah, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 14–26.

Faradillah, A. (2018). Analysis of Mathematical Reasoning Ability of Pre-Service Mathematics Teachers in Solving Algebra Problem Based on Reflective and Impulsive Cognitive Style. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(2), 119–128. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i2.2333

Febriandi, R., Herman, T., Abidin, Z., & ... (2022). Analysis of Mathematical Reasoning Ability and Mathematical Creative Thinking Elementary School Students in Solving Story Problems. International …, 660–671. http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/2041%0Ahttp://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/download/2041/1885

Gultom, C. I., Triyanto, T., & Saputo, D. R. S. (2022). Students’ Mathematical Reasoning Skills in Solving Mathematical Problems. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(2), 542–551. https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.02.504

Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016- Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 182–190. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.81

Hidayah, S., Laeli, S. N., & Hidayati, N. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika. 5(1), 37–41.

Kadarisma, G., Rosyana, T., & Nurjaman, A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Absis, 2(1), 121–128.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615.

Lestari, N., & Afrilianto, M. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1105–1112. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1105-1112

Lithner, J. (2000). Mathematical reasoning in task solving. Educational Studies in Mathematics, 41(2), 165–190. https://doi.org/10.1023/A:1003956417456

Mikrayanti, M., Baeti, N., & Wirahmat, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1), 18–27. https://doi.org/10.33627/sm.v2i1.93

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.

Siahaya, J. A., Ayal, C. S., & Ngilawajan, D. A. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat. Science Map Journal, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.30598/jmsvol3issue1pp1-18

Solehudin, M., & Purwanto, E. (2022). Kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita operasi bilangan bulat. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan, 1(1). http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/13/13

Sukirwan, Darhim, D., & Herman, T. (2018). Analysis of students’ mathematical reasoning. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012036

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(1), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/226594-peningkatan-kemampuan-penalaran-matemati-55500f0f.pdf

Sundary, S. R., Maya, R., Zanthy, L. S., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Metode Eliminasi Di Smp Negeri 4 Pangalengan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 352–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1071-1078

Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga Dan Segiempat. JKPM (Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika), 2(1), 9–13. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p759-764

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Shofia Hidayah, Lailatul Fajriyah, Siti Aisyah, & Diana Susilowati. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 196–214. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i4.1513