Penguatan Sikap Tanggung Jawab Dalam Kegiatan Kepramukaan Di SMA Negeri 1 Canduang
DOI:
https://doi.org/10.58192/insdun.v2i4.1435Keywords:
Scouting, Reinforcement Methods, ResponsibilityAbstract
This research is motivated by several problems that the writer found at SMA Negeri 1 Canduang in scouting activities. Where in scouting activities there are still students who are not responsible, whereas in scouting the attitudes and actions of responsibility are clearly stated in the ninth Dasa Darma of scouting namely that scouts are responsible and trustworthy, but there are still students who follow scouts who do not carry out their responsibilities this study aims to find out the methods used by coaches in strengthening the attitude of responsibility of students, and what forms of attitude of responsibility are habituated in scouting. This type of research is field research of field research. The results of the study show that scout coaches use advice, prais, attention, reward and punishment methods in strengthening the attitude of responsibility of students who are still lacking.
References
Aiman Fikri. (2021). Reward Dan Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islam,”Jurnal Pendidikan Dan Kajian Islam”,Vol.1, No.1.
Aini Ummul. (2022). ‘Pengaruh Kegiatan Kepramukaan Terhadap Akhlak Santri Dan Santriwati Pondok Pesantren Adlaniyah Di Jorong Tampus Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat’, Jurnal Multidisiplin Ilmu, vol.1, No.3.
Aisyah A’an, dkk. (2014) Meningkatkan Tanggung Jawab Belajr Melalui Layanan Penguasaan Konten, “ Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang”.
Anam Khaerul. (2020). Wawasan Kepramukaan. Bogor: Penerbit Lindan Bestari.
Amri Syaipul. (2018) “ Pengaruh Kepercayaan Diri (self confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu”, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 03, No.02
Juita Rika. (2019). ‘Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisiyyah Bustamal Athfal 2 Kota Sukabumi’, Jurnal Utile.
Khusnul Rimadhani Hayati. (2022).”Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab Melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar”Jurnal Basicedu, vol. 6, No 4.
Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar, “Jurnal Pena”, Vol.3, No.1.
Lie Anita, Sarah Prasasti. (2004). “Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputido.
Messy. (2022). ‘Pendidikan Karakter Dalam Al- Qur’an Surah Al- Isra’ Ayat 23-30 Menurut Tafsir Al- Azhar’, Journal Of Social Science Research, Vol, 2.
Musa Suriyanti,dkk. (2017). “ Pembinaan Karakter Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Pramuka Di SMP Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemo”, Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, vol. 2, No. 2.
Nofianti Ira. (2016). ‘Pemerolehan Nilai- Nilai Tanggung Jawab Siswa Kelas XI Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka’, Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol.3,No.1
Nur Dwi Indah Sari, Sutipyo Ru’iya. ( 2023). “Implementasi Kepribadian Tanggung Jawab Guru ISMUBA di MI Muhammadiyah Kenteng”, Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, vol.12,No.1.
Pasani, dkk. (2016). “Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Number Head Together, jurnal. Vol4, No 2.
Purwanto Ngalim.“ Prinsip- prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Purwanto Ngalim.M. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukatin. (2020). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Syaf Varizki Putra. (2022). ‘Pemahaman Mahasiswa PAI Angkatan 2018 Tentang Sumbang Nan Duo Baleh Dan Kato Nan Ampek Pada Mata Kuliah Keminangkabauan Di IAIN Bukittinggi’, Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1
Trianawati Peny.(2013).‘Penanaman Nilai Tanggung Jawab Melalui Ekstrakurikuler Kepramukaan Di SMP Negeri 13 Semarang’, Unnes Civic Education Journal 2.
Yusra Rini, Jamaris. (2021). “ Pelaksanaan Kerjasama Peserta Didik dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMPN 16 Padang”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.5, No.1.
Zahro Muslimah Romas,dkk. (2006). “Pengaruh Pujian Terhadap Prestai Belajar Matamatika Pada Kelas 4 Sekolah Dasar, Jurnal Psikologi, Vol.2.