Manajemen Konflik dan Upaya Penanganan Konflik dalam Organisasi Pendidikan di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.1039Keywords:
Manajemen, Konflik, Organisasi,, PendidikanAbstract
Sebuah organisasi memiliki berbagai komponen yang saling bergantung dalam mengerjakan tugasnya masing-masing. Tujuan organisasi sendiri yaitu sebagai wadah dalam mencapai suatu keinginan, cita-cita atau tujuan yang dilakukan bersama dengan para anggota organisasi. Dalam upaya mencapai tujuan organisasi yang anggotanya harmonis, diperlukannya manajemen konflik di dalam organisasi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau library research untuk mengumpulkan, membaca, menelaah, dan mengolah data juga informasi yang relevan tentang manajemen konflik dan upaya penanganan konflik dalam organisasi pendidikan di sekolah. Manajemen konflik merupakan suatu rencana untuk mengatur keadaan yang tidak sebagaimana mestinya yang terjadi oleh pihak-pihak yang terlibat yaitu pihak yang bertengkar dalam organisasi. Konflik menjadi negatif jika dikelola dengan tidak baik, begitupun sebaliknya konflik menjadi suatu yang positif jika pengelolaan konflik tersebut dilakukan dengan baik dan sistematis. Penelitian ini menjelaskan bahwa suatu manajemen konflik dan upaya penanganan konflik dalam organisasi pendidikan di sekolah merupakan komponen penting dalam menciptakan kinerja dan efektivitas kerja suatu organisasi. Dengan penanganan konflik dan strategi pencegahan konflik diatas diharapkan mampu membantu dalam memberikan suatu pemahaman dan wawasan agar mampu meningkatkan suatu kualitas kinerja dalam suatu organisasi.
References
Abdelrahman, N., Etchells, M. J., Dirani, K. M., & Irby, B. J. (2018). Conflict Manajement Higher Education: a case stuty from Egyptian and Lebanese Higher Education. In Nancy T. Watson, L. Xie, & M. J. Etchells (Eds.), Cultural Impact on Conflict Management in Higher Education. IAP.
Anwar, K. (2018). Urgensi penerapan manajemen konflik dalam organisasi pendidikan. Al- Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 31-38.
Farhan, P. L., & Hadisaputra, P. (2021). Manajemen Konflik Di Pesantren, Madrasah, Dan Perguruan Tinggi Islam Di Indonesia: Kajian Literatur. Dialog Vol. 44, No.1, 37-50.
Lathif, M., Risnita, & Prasetyo, M. A. M. (2020). Pesantren Efektif Model Teori Integratif Kepemimpinan -Komunikasi -Konflik Organisasi. Yogyakarta: Deepublish.
Olga, S., Merritt, P., and Hannah S. (2020). Understanding Mechanisms of Conflict Resolution beyond Collaboration : An Interdisciplinary Typology of Knowledge Types and Their Integration in Practice‟, Sustainability Science15 no. 1, 263–79, https://doi.org/10.1007/s11625-019-00690-z
Romlah, S. (2020). Conflict management in islamic education. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(8), 809–817.
Rostini, D., Khalifaturramah, Sulaiman, Amaly, N. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik. EDUKASI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4(1), 173-180.
Siregar, F. A. (2018). Produktivitas Penerapan Total Quality Management. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(2), 74–91.
Sudarmanto, E. (2021). Manajemen Konflik. Makasar: Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Suncaka, E. (2023). Manajemen Konflik di Sekolah. Journal on Education, 5(4), 15143- 15153.
Wikansari, R., Mulyono, S., Kustina, T. K., et al. (2022). Manajemen Konflik. Batam, Kepulauan Riau: Cendikia Mulia Mandiri