Pengaruh Keunggulan Produk dan Keunggulan Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di CV. Pucuk Daun Lestari
DOI:
https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i2.610Keywords:
Consumer Purchasing Decision, Service Excellence, Product ExcellenceAbstract
The purpose of this study was to describe the effect of product excellence and service excellence on consumer purchasing decisions at CV Pucuk Daun Lestari. The population in this study were all consumers of CV Pucuk Daun Lestari totaling 1,320 consumers. The number of samples for research uses a margin of error of 2.5% of the total sample, namely 92 consumers. The sampling technique used is incidental sampling method. The data collected was carried out using questionnaires and interviews which were then analyzed using validity tests, reliability tests, and linear regression analysis. The results showed that there was a positive and significant influence between the variables of product excellence and service excellence and service excellence on consumer purchasing decisions at CV Pucuk Daun Lestari, either jointly or partially.
References
Aisha, Novi, and Muhammad Elfi Azhar. 2022. “Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Tamu Menginap Di The Hill Resort Sibolangit.” Prosiding Seminar Nasional USM 3(1):361–77.
Anam, Muhammad Syariful, Dian Luthvita Nadila, Tara Ayu Anindita, and Rina Rosia. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 4(1):120–36. doi: 10.36778/jesya.v4i1.277.
Anderson, Erin, and Richard L. Oliver. 1994. “An Empirical Test Of The Consequences Of Behavior-And Outcome-Based Sales Control Systems.” Journal Of Marketing 58(4):53–67. doi: 10.1177/002224299405800405.
Dewi, Trivilla Purnama. 2017. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Nasmoco Mlati Yogyakarta.” Doctoral dissertation, Thesis, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta .
Fadhli, Khotim, Moch Komari, Arivatu Ni’mati Rahmatika, and Ahmad Nur Ismail. 2021. “Pengaruh Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan CV. AFCO Group Jombang.” Jurnal Inovasi Penelitian 2(3):855–64. doi: 10.47492/jip.v2i3.735.
Gofur, Abdul. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4(1):37–44. doi: 10.36226/jrmb.v4i1.240.
Hariyanto, Hariyanto, Mohammad Yahya Arief, and Yudha Praja. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko F3 Situbondo.” Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME) 1(9):1784–95.
Hartono, Ressy Wulandari. 2021. “Pengaruh Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Front Office Pop! Hotel Pemuda Semarang.” Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata 17(3):165–79. doi: 10.56910/gemawisata.v17i3.181.
Herawan, Bagus Nur, and H. Supriono. 2018. “Pengaruh Keunggulan Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kinjungan Wisata (Studi Pada Wisatawan Nasional Indonesia Yang Berwisata Ke Luar Negeri).” Thesis (Sarjana), Universitas Brawijaya, Malang.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prenhallindo.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasran. Jakrta: Erlangga.
Marisa, Nisa. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Kawasan Perumahan Mustika Plamongan Elok Semarang.” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science) 12(3):301–16.
Mongi, Lidya, Lisbeth Mananeke, and Agusta Repi. 2013. “Kualitas Produk, Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado.” Journal EMBA 1(18):2336–46. doi: 10.35794/emba.1.4.2013.3490.
Munfaat. 2013. Manjemen Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Oliver. 2010. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Prasetyo, Bambang, and Lina Miftakhul Jannah. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Rawung, Dhio Rayen, Sem Oroh, and Jacky S. Sumarauw. 2015. “Analisis Kualitas Produk, Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada Pt. Sinar Galesong Pratama Manado.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 3(3):1298–1308. doi: 10.35794/emba.3.3.2015.10413.
Robert, W. 2011. Customer Satisfaction, Market Share, and Profitability: Finding From Sweden. New York: Free Press.
Rondonuwu, Priscilia. 2013. “Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada PT. Wahana Wirawan Manado.” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 1(4):718–28. doi: 10.35794/emba.1.4.2013.2755.
Setyarko, Yugi. 2016. “Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online.” Jurnal Ekonomika Dan Manajemen 5(2):128–47. doi: 10.36080/jem.v5i2.329.
Sriyanto, Agus, and Aris Wahyu Kuncoro. 2015. “Pengaruh Kualitas Layanan, Ekuitas Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lion Star Di Modern Market Jakarta.” Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 4(2). doi: 10.36080/jem.v4i2.318.
Sriyanto, Agus, and Desty Albaity Utami. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone Di Jakarta.” Jurnal Ekonomika Dan Manajemen 5(2):163–75. doi: 10.36080/jem.v5i2.331.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendekatan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tengor, Gloria, Lotje Kawet, and Sjendry Loindong. 2016. “Pengaruh Merek, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Eben Haezar Manado).” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 16(4):367–75.
Wahyudi, Zikri. 2017. “Analisis Pengaruh Pelayanan Jasa Penginapan Hotel Syari’Ah Terhadap Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Harion Hostel Syariah Bandar Lampung).” Undergraduate Thesis, UIN Raden Intan Lampung, Lampung.
Wibisono, Lusiana Eka. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna 4G XL Di Yogyakarta.” Tugas Akhir.
Yusup, Muhammad. 2011. “Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda.” Skripsi Sarjana Ekonomi, Semarang.