Pengaruh Manajemen Pajak, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi Periode 2017-2021
DOI:
https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i2.527Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen pajak, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan farmasi periode 2217-2021. Nilai perusahaan menjadi variabel dependen dalam penelitian kali ini dan manajemen pajak, pertumbuhan penjualan dsn ukursn perusahaan menjadi variabel independen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan, diperoleh sampel sebanyak 7 perusahaan dari 12 perusahaan dengan periode pengamatan 5 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan program eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pajak, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen dan sebaliknya.
References
Apriliyanti, V., Hermi, H. and Herawaty, V. (2019) ‘Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan Dan Kesempatan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi’, Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 6(2), pp. 201–224. Available at: https://doi.org/10.25105/jmat.v6i2.5558.
Aulia Hendra, I. and NR, E. (2020) ‘Pengaruh Manajemen Laba Dan Perencanaan Pajak Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi’, Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(4), pp. 3566–3576. Available at: https://doi.org/10.24036/jea.v2i4.305.
Dewi, L.A. and Praptoyo, S. (2019) ‘Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan’, Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(September), pp. 1–17.
Dewi, W.C., Siregar, M.Y. and Tarigan, E.D.S. (2020) ‘Pengaruh Likuiditas Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018’, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 1(2), pp. 106–111. Available at: https://doi.org/10.31289/jimbi.v1i2.406.
Hidayat, M. (2018) ‘Pengaruh Manajemen Pajak, Pertumbuhan Penjualan Dan Uku-Ran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei Periode 2014-2016’, Measurement : Jurnal Akuntansi, 12(2), p. 206. Available at: https://doi.org/10.33373/mja.v12i2.1745.
Kartika, S.I. (2021) ‘Pengaruh Perencanaan Pajak dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI’, Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), pp. 907–915.
Mahanani, H.T. and Kartika, A. (2022) ‘Pengaruh struktur modal, likuiditas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan’, Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(1), pp. 360–372. Available at: https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.2280.
Paradila, V.R.I., Wijaya, A.L. and Widiasmara, A. (2019) ‘Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Size Perusahaan, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur sektor Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015 - 2017)’, Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi I, pp. 617–635.
Romadhina, A.P. and Andhitiyara, R. (2021) ‘PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018) Anggun’, Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research., 5(2), pp. 523–531. Available at: https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.
Santoso, B.A. and Budiarti, A. (2020) ‘Profitabilitas Sebagai Mediasi Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan’, Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), pp. 45–57. Available at: https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.158.