Peranan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengolahan Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM Ikan Asap

Authors

  • Rizka Maya Shova Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hwihanus Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i1.379

Keywords:

Ikan asap, gizi, pengasapan.

Abstract

Ikan asap merupakan produk olahan yang digemari konsumen baik di dalam maupun luar negeri karena rasanya yang khas dan aroma khas yang sedap. Di Indonesia, pengasapan ikan sebagian besar masih tradisional. Ikan merupakan makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Pengasapan merupakan salah satu teknik pengawetan ikan yang tujuannya tidak hanya untuk memperpanjang umur simpan, tetapi juga untuk memperoleh warna dan rasa yang khas. Pengasapan ikan merupakan kombinasi dari penggaraman, pengeringan dan pengasapan. Selama penggaraman dan pengeringan, tujuan utamanya adalah untuk memudahkan melekatnya partikel asap selama penggaraman dan untuk membunuh bakteri. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, kuesioner: Wawancara adalah pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab yang digunakan untuk memperoleh informasi data tentang usaha ikan asap. Dokumentasi adalah proses pengumpulan data yang diperoleh melalui dokumen. Kuesioner adalah teknik pengumpulan data dengan cara menyiapkan seperangkat pernyataan yang disusun secara sistematis dan baku untuk diberikan kepada responden untuk dijawab. Dalam penelitian ini penulis mengolah data berupa data yang terdiri dari 3 pernyataan untuk variabel harga (X1), 3 pernyataan untuk variabel kualitas produk (X2) dan 3 pernyataan untuk variabel niat beli (Y). Kuesioner ini diberikan kepada 50 konsumen UMKM ikan asap sebagai sampel penelitian dengan menggunakan skala Likert berupa tabel checklist.

References

Zaelanie K, Nurdiani R, Dayuti S. 2001. Teknologi Hasil Perikanan I Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya. Malang

Margono. 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta

Hardani, dkk, 2020, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif , Yogyakarta:Pustaka Ilmu

Suryana, 2010, Metodologi Penelitian, Model Prakatis Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Universitas Pendidikan Indonesia

Kadeni, Srijani Ninik, (2020) Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Jurnal Equilibrium, Vol. 8, No. 2

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Abdullah, T., & Tantri, F. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arif, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Fastfood Indonesia Store KFC Raja Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 12–19.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal

Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 30–43

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Rizka Maya Shova, & Hwihanus Hwihanus. (2022). Peranan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengolahan Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM Ikan Asap. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 196–210. https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i1.379