Peran Orientasi Kewirausahaan Islami dan Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Koaki Store)
DOI:
https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i1.334Keywords:
orientasi kewirausahaan, pendapatan, Koaki StoreAbstract
Kegiatan berwirausaha telah menjadi salah satu penggerak masyarakat melakukan kegiatan penjualan di era yang sangat kompetitif ini. Wirausaha telah menjadi salah satu ide atau gagasan yang mendukung kemampuan manusia untuk bertahan hidup dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki. Namun, dalam menjalankan sebuah usaha tentu perlu adanya pemasaran yang mejadi jalan utama dalam meningkatkan popularitas masyarakat sehingga mudah diterima oleh kalangan umum. Proses pemasaran tersebut harus memiliki indikator yang berbeda dengan pesaing sehingga dapat menjadi inti dari diferensiasi yang akan dikembangkan oleh wirausaha. Tujuan penelitian ini untuk mengukur keberadaan orientasi kewirausahaan dengan menggunakan pandangan Islam serta keunggulan dalam bersaing untuk meningkatkan pemasaran bisnis Koaki Store. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif sehingga hasil penelitian bisa relevan dengan focus penelitian yang dikaji. Sumber data yang digunakan adalah hasil wawancara dengan pemilik Koaki store serta beberapa referensi yang menunjang hasil analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan hingga wawancara mendalam. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan apabila dalam orientasi kewirausahaan Islam, Koaki store telah mengimplementasikan indikator inovasi, berani dan ambisi namun masih jauh dalam pemenuhan aspek tidak bergantung dengan pihak lain. Sedangkan dalam aspek keunggulan bersaing, Koaki store memiliki keunggulan yang inovatif dengan memberikan hadiah sebagai bentuk loyalitas pada konsumen dan ditujukan untuk promosi produk Koaki Store.
References
Hijriah, H. Y. (2016). Spiritualitas Islam dalam Kewirausahaan. Tsaqafah, 12(1), 187. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v12i1.374
Khoiri Abdi, M., & Febriyanti, N. (2020). Penyusunan Strategi Pemasaran Islam dalam Berwirausaha di Sektor Ekonomi Kreatif Pada Masa Pandemi Covid-19. El-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(2), 160–178. https://doi.org/10.15642/elqist.2020.10.2.160-178
Moloeng, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Ningrum Desy, A. (2021). Teknologi Digital Sosial guna Meningkatkan Strategi Marketing di Era Pandemi Covid-19. Teknologi Digital Sosial Guna Meningkatkan Strategi Marketing Di Era Pandemi Covid-19, 1211800047.
Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019). Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha. December. https://doi.org/10.31227/osf.io/4m7kz
Rahmi, A. (2015). Mekanisme Pasar dalam Islam. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Keirausahaan, 4(2).
Teunuleh, J. I. (2021). Marketing strategy to increase sales volume. 2(June).
Widiastuti, N., & Kartika, P. (2017). Penerapan Model Kelompok Usaha Kreatif Islami (Kukis) Dalam Pemberdayaan Perempuan Berbasis Pondok Pesantren. Empowerment, 6(2), 20. https://doi.org/10.22460/empowerment.v6i2p20-29.546
Winisudo, R. T., & Sadewo, F. X. S. (2021). Strategi Bumdes dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Sidokepung, Sidoarjo. TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.15575/jt.v4i2.12467
Yasa, N. N. K., Ketut Giantari, I. G. A., Setini, M., & Rahmayanti, P. L. D. (2020). The Role Of Competitive Advantage In Mediating The Effect Of Promotional Strategy On Marketing Performance. Management Science Letters, 10(12), 2845–2848. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.4.024