Pengaruh Peralihan Perkebunan Karet dan Kelapa Sawit Terhadap Perekonomian Masyarakat Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Authors

  • Muhammad Yunus Sofian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Windi Mayani Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sultan Rasy Nasyaa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juliana Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i1.321

Keywords:

(Kelapa Sawit, Karet, Perekonomian Masyarakat).

Abstract

Sumatera utara merupakan sebuah provinsi di barat Indonesia yang memiliki banyak sekali jenis sub sektor pertanian. Namun ada sebuah fenomena di masyarakat, khususnya di daerah Labuhan Batu Selatan dimana perkebunan karet yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun dan menjadi penghidupan perekonomian di daerah tersebut dialihfungsikan menjadi perkebunan karet. Penelitian ini disusun dan dikerjakan melalui pendekatan deskriptif kombinasi. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, perkembangan komoditas lahan pertanian di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Labuhan Batu Selatan dari tahun 2019-2021. Untuk mendukung data tersebut, tim peneliti juga melakukan wawancara kepada beberapa orang petani karet di kabupaten tersebut mengenai alih fungsi lahan pertanian karet dan kelapa sawit. Untuk mencari tahu kembali, peneliti melakukan wawancara kepada beberapa petani di wilayah Labuhan Batu Selatan agar data yang peneliti terima bisa disesuaikan dengan kondisi di masyarakat. Peralihan lahan karet ke sawit ini terjadi karena keuntungan yang diterima petani sawit lebih besar penghasilannya karena harga dan buahnya lebih stabil dibandingkan harga karet dan juga pengerjaan karet yang lebih rumit.

References

Alawiyah, Wiwin., Heber Imun. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesediaan Petani Meremajakan Tanaman Kelapa Sawit di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat”. Vol. 7 No. 1 Tahun 2022.

Hakim, Abdul. 2018. Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Petani Mandiri Kelapa Sawit Di kecamatan Segah. JES (Jurnal Ekonomi STIEP). Vol. 3 No. 2 Tahun 2018.

Irene, Modeste., Eka Jaya., Basuki Wibowo. 2022. “Perkebunan Karet Rakyat Masyarakat Dayak Desa”. Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan sejarah, Budaya dan Sosial. Vol. 2, No. 1 Tahun 2022.

Kamilah., Annio Indah Lestari Nst. 2019. “Peran Industri Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mengatasi Masalah Kesenjangan dan Distribusi Pendapatan di Kota Medan”. Medan: Human Falah, Volume 6 No. 1 Januari-Juni 2019.

Khamimah, Winiantin. 2021. “Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia”. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Jurnal Disrupsi Bisnis. Vol. 4, No.3 Tahun 2021.

Kusumastuti, Adhi., Ahmad Mustamil Khoiron. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Nawiruddin, Muhammad. 2017. Dampak Keberadaan Kelapa Sawit Dalam Peningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser. e-Journal Ilmu Pemerintahan. Vol. 5 No. 1 Tahun 2017.

Parlaungan, Ade., Pristiyono. 2019. ”Antisipasi Ketahanan Ekonomi Keluarga Di Kabupaten Labuhanbatu Selatan”. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Jurnal Ecobisma. Vol. 6, No. 1 Tahun 2019.

Tim Penulis PS, “Panduan Lengkap Karet”, Niaga Swadaya

Togi, Charlos., Sahuri. 2014. “Potensi Peningkatan Penyerapan Karbon Di perkebunan Karet Sembawa, Sumatera Selatan”. Widyariset. Vol. 17 No. 3 Tahun 2014.

Wijaya, Alam Surya. 2017. “Luas Tanah, Jenis Bibit, Pemupukan, Pemiliharan Kebun dan Harga Kelapa Sawit Mempengaruhi Kondisi Kesejahteraan Petani Sawit”. Vol. 3, No. 2 Tahun 2017.

Ya’rif, M., Aditya halim., Andika Prawira. 2019. “Perekonomian Nasional Dalam Perspektif Undang Undang Dasar 1945 Negara Republik Indonesia”. Journal LL.DIKTI IX. Vol. 1, No. 1 Tahun 2019.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Muhammad Yunus Sofian, Windi Mayani Dalimunthe, Sultan Rasy Nasyaa, & Juliana Nasution. (2022). Pengaruh Peralihan Perkebunan Karet dan Kelapa Sawit Terhadap Perekonomian Masyarakat Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 123–141. https://doi.org/10.58192/wawasan.v1i1.321