Gantungan Kunci sebagai Produk Merchandise : Inovasi dan Strategi Kewirausahaan untuk Pengusaha Muda

Authors

  • Haniah Zuhro Ginting Universitas Negeri Medan
  • M. Divanda Maulidian Universitas Negeri Medan
  • Jelli Br Togatorop Universitas Negeri Medan
  • Osberth Sinaga Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i2.3202

Keywords:

Entrepreneurship, Innovation, Key chains, Merchandise, Young entrepreneurs

Abstract

Key chains are popular merchandise items with significant potential in the world of entrepreneurship. This product serves not only as an accessory but also as a promotional tool and brand identity. This study examines innovations in key chain design and materials, along with entrepreneurial strategies that young entrepreneurs can use to enhance their competitiveness in the market. With a creative approach and the application of technologies like laser cutting, 3D printing, and eco-friendly materials, key chains can be transformed into more appealing and value-added products. Furthermore, digital marketing strategies, collaborations with local brands, and the implementation of personalization can boost the appeal and sales of this product. The study's findings suggest that combining product innovation with effective business strategies can aid young entrepreneurs in building sustainable and competitive businesses opportunities.

 

References

Aryani, I. D., & Murtiariyati, D. (2022). Instagram sebagai media promosi dalam meningkatkan penjualan produk. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 2(1).

Dewi, N. K., & Pratama, A. (2023). Penerapan digital marketing pada produk baju UMKM Laabagen Keren di Jawa Barat. Jurnal Kewirausahaan dan Pengembangan Masyarakat, 5(1).

Dewi, N. K., & Pratama, A. (2023). Penerapan Digital Marketing pada Produk Baju UMKM Laabagen Keren di Jawa Barat. Jurnal Kewirausahaan dan Pengembangan Masyarakat, 5(1).

Dewi, N. K., & Pratama, A. (2023). Penerapan Digital Marketing pada Produk Baju UMKM Laabagen Keren di Jawa Barat. Jurnal Kewirausahaan dan Pengembangan Masyarakat, 5(1).

Fadilah, S. N., Bahari, A. F. R., & Mahmuda, L. F. (2024). Strategi pemasaran digital dalam mendorong keberhasilan wirausaha di era digital. Konferensi Nasional Mitra FISIP, 2(1).

Fadilah, S. N., Bahari, A. F. R., & Mahmuda, L. F. (2024). Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital. Konferensi Nasional Mitra FISIP, 2(1).

Fadilah, S. N., Bahari, A. F. R., & Mahmuda, L. F. (2024). Strategi Pemasaran Digital dalam Mendorong Keberhasilan Wirausaha di Era Digital. Konferensi Nasional Mitra FISIP, 2(1).

Kharisma, L. P. L., & Wirayanti, L. P. L. K. (2024). Penerapan strategi pemasaran digital melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan produk Kasyaraa.Co. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 282–288.

Mais, R., & Wulandari, S. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 5(1).

Octavia, A., Nifita, A. T., Sriayudha, Y., Siregar, A. P., & Rosyid, G. Y. (2022). Pelatihan strategi pemasaran produk berbasis digital marketing bagi wirausaha muda perempuan untuk meningkatkan kinerja bisnis IWAPI Muda Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 332–340.

Pamungkas, J. A., & Martuti, I. R. (2022). Strategi pemasaran produk souvenir gantungan kunci ke pasar nasional hingga internasional. Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains, dan Teknologi, 2(1), 1312–1312.

Pamungkas, J. A., & Martuti, I. R. (2022). Strategi Pemasaran Produk Souvenir Gantungan Kunci ke Pasar Nasional hingga Internasional. Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains, dan Teknologi, 2(1), 1312-1312.

Pamungkas, J. A., Martuti, I. R., Luthfi, M., Ardiantoro, T., & Efendi, Z. M. (2022). Strategi pemasaran produk souvenir gantungan kunci ke pasar nasional hingga internasional. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi, 2(1), 1312–1312.

Subekti, A., & Pamungkas, J. A. (2024). Pembuatan pin gantungan kunci untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Pengabdian Nasional Indonesia, 5(2).

Wirayanti, L. P. L. K. (2024). Digital marketing: Penerapan strategi pemasaran digital melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan produk Kasyaraa.Co. Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(2), 282–288.

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Haniah Zuhro Ginting, M. Divanda Maulidian, Jelli Br Togatorop, & Osberth Sinaga. (2025). Gantungan Kunci sebagai Produk Merchandise : Inovasi dan Strategi Kewirausahaan untuk Pengusaha Muda. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 226–231. https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i2.3202