Pengaruh E-WOM, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Skintific

(Studi pada Konsumen Skintific Mahasiswa Universitas Budi Luhur Angkatan 2021 di Jakarta)

Authors

  • Kania Vira Yunita Universitas Budi Luhur
  • Ravindra Safitra Hidayat Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i2.3074

Keywords:

E-Wom, Price Perception, Product Quality, Purchasing Decisions

Abstract

Currently, the beauty trend has made many skincare business emerge, one of which skincare brand is Skintific, which managed to occupy the top position in skincare sales in 2024. This study aims to determine the effect of E-WOM, Product Quality and Price Perception on purchasing decisions. The population in this study were Skintific consumers, Budi Luhur University student class of 2021 in Jakarta. In this study using a survey methodin the form of a questionnaire consisting of 94 respondents, using non probability sampling technique with purposive sampling method. The results of this study indicate that E-WOM has a significant effect on purchasing decisions, Product Quality affects purchasing decisions, and Price Perception affects purchasing decisions.

References

Adilah, R., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh electronic word of mouth, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk serum Hanasui (Studi pada mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10), 2823–2841. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.906

Alfianto, R. A., & Cahyadi, W. (2022). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Jakarta. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 6(1), 28–35. https://doi.org/10.4567/jbp.v6i1.342

Anasari, & Hidayat, R. S. (2024). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen PT. Duta Teknologi Nusantara di Tangerang Kota). JIMAT, 1(5), Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi. https://doi.org/10.69714/7b0fgn84

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen pada marketplace: Kualitas produk dan kualitas pelayanan (Literature review manajemen pemasaran). 3(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Chandra, M., & Adi, S. (2020). Analisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(3), 15–23. https://doi.org/10.2345/jeb.v5i3.232

Dewi, N. S., & Prabowo, R. E. (2018). Performa kualitas produk, persepsi harga, promosi, dan gaya hidup dalam mempengaruhi proses keputusan pembelian minuman isotonik (Studi konsumen minuman isotonik di kota Semarang).

Fajar, F., & Purnama, H. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di sektor ritel. Jurnal Manajemen Ritel, 4(2), 50–60. https://doi.org/10.2468/jmr.v4i2.420

Junaidi, F., & Mahendra, F. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di perusahaan X. Jurnal Manajemen Pemasaran, 3(2), 45–56. https://doi.org/10.12345/jmp.v3i2.789

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management (Sixth edition). Pearson Education Limited.

Muslimah. (2024). Industri beauty and care catatkan pertumbuhan di e-commerce. Diakses pada 27 November 2024, dari https://jateng.tribunnews.com/2024/05/30/industri-beauty-and-care-catatkan-pertumbuhan-di-e-commerce

Ramli, & Silalahi. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap tingkat penjualan mobil Toyota Yaris di wilayah Batam. 7(1), 43.

Serra-Cantallops, A., Ramon-Cardona, J., & Salvi, F. (2018). The impact of positive emotional experiences on eWOM generation and loyalty. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 22(2). Emerald Group Holdings Ltd. https://doi.org/10.1108/SJME-03-2018-0009

Suarsa, S. H. (2020). Pengaruh electronic word of mouth (eWOM) pada online travel agent (OTA) Traveloka terhadap keputusan menginap di Topas Galeria Hotel, Bandung. Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 50–56. https://doi.org/10.34308/eqien.v7i1.112

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo, S.Pd, Ed.; Edisi kedua). Alfabeta, Cv.

Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran: Prinsip & penerapan (F. Tjiptono, Ed.; Edisi ke-1).

Downloads

Published

2025-02-20

How to Cite

Kania Vira Yunita, & Ravindra Safitra Hidayat. (2025). Pengaruh E-WOM, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Skintific: (Studi pada Konsumen Skintific Mahasiswa Universitas Budi Luhur Angkatan 2021 di Jakarta). Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 100–111. https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i2.3074