Peran Kepercayaan Konsumen dalam Memediasi Pengaruh Customer Satisfaction dan Citra Merek terhadap Minat Pembelian Ulang
(Studi pada Konsumen Indomaret Kembang Larangan di Tangerang)
DOI:
https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i2.3058Keywords:
Customer Satisfaction, Brand Image, Consumer Trust, Repeat PurchasesAbstract
This research aims to examine the role of consumer trust in mediating the influence of customer satisfaction and brand image on repurchase intention among Indomaret Kembarang Larang consumers in Tangerang. The method used is descriptive quantitative using a questionnaire. The analysis technique used in this research is Path Analysis. Sampling in this study used a purposive sampling technique with a sample size of 99 consumers. Data was collected through a questionnaire with an interval scale which was processed using Microsoft Excel 2013 and SmartPLS version 4.1.0.2 software. The results of this research indicate that the customer satisfaction variable has a positive and significant effect on repurchase intention. The brand image variable does not have a significant effect on repurchase intention. The consumer trust variable has a positive and significant effect. The customer satisfaction variable has a positive and significant effect on consumer trust. The brand image variable has a positive and significant effect on consumer trust. The consumer trust variable is able to mediate the customer satisfaction and brand image variables on repurchase intention.
References
https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10448
Firdaus, F. (2020). Pengaruh persepsi dan kepuasan konsumen terhadap minat pembelian ulang produk private label Indomaret (Studi pada konsumen Indomaret di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i1.9234
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares: Konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartPLS 3.0 untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Guspita, R., Zulkarnain, & Samsir. (2019). Pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen dimoderasi kepercayaan konsumen produk Nu Skin di Kota Pekanbaru. Jurnal Economica, 7(2), 653–668.
Hakam Ali Niazi, A., & Sriyanto, D. C. (2023). Pengaruh lokasi, kepercayaan dan kualitas layanan. Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(3).
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural equation modeling (SEM) (1st ed.). PT. Inkubator Penulis Indonesia. Retrieved from http://digilib.umpalopo.ac.id/
Hardani, H., Andrian, J., Ustiwaty, E. F., Utami, R. R., Istiqomah, R. A. F., Fardani, D. J., & Sukma, R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi ke-13, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Manajemen pemasaran (Edisi ke-13, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Musyaffi, A. M., Khairunnisa, H., & Respati, D. K. (2021). Konsep dasar structural equation model-partial least square (SEM-PLS) menggunakan SMARTPLS. Pascal Books.
Natasha, S., & Safitra, R. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada pelanggan after sales PT Srikandi Diamond Motors Alam Sutera di Tangerang). 1(5), 160–172.
Nira Nurfadillah, T. (2020). Pengaruh iklan online “Pixy” pada situs YouTube terhadap minat beli mahasiswa IIKIP-PGRI Kaltim tahun 2019. Cendekia (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran) Ikip PGRI Kalimantan Timur, 4(2), 23–37.
Pipit Muliyah, D., Aminatun, D., Sukma, S. N., Hastomo, T., & Wahyuni Sitepu, S. (2020). Journal GEEJ, 7(2).
Sarjita, S. (2023). Pengaruh rating penilaian dan ulasan online terhadap kepercayaan konsumen pada penggunaan toko online Shopee. Prima Ekonomika, 14(1), 18. https://doi.org/10.37330/prima.v14i1.157
Sofiyyah, S. A., & Fietroh, M. N. (2024). Pengaruh customer experience, customer trust dan customer satisfaction terhadap repurchase intention pada pengguna produk skincare Scarlett di Kecamatan. Proceeding of Student Conference, 1(1), 406–415. http://conference.uts.ac.id/index.php/Student/article/view/1097
Sugiyono. (2022). Metode penelitian manajemen: Metode pendekatan kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Umma, N., & Nabila, R. (2023). Pengaruh online customer review, citra merek dan religiusitas terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening (Studi pada pengguna marketplace Shopee generasi Z). IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 10(1), 30–47. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v10i1.8407
Wong, D. (2017). Pengaruh ability, benevolence dan integrity terhadap trust, serta implikasinya terhadap partisipasi pelanggan e-commerce: Studi kasus pada pelanggan e-commerce di UBM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 155–168. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.46
Yusuf, I., & Sartika, D. (2021). Pengaruh store image dan private label image serta perceived quality terhadap purchase intention produk private label Alfamidi di Kota Samarinda. Borneo Studies and Research, 3(1), 873–886. https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/274