Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian

(Studi pada Pengguna Tiktok Shop di Jakarta Selatan)

Authors

  • Falah Khairunnisa Universitas Budi Luhur
  • Yugi Setyarko Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i2.3057

Keywords:

Brand Image, Promotions, Purchasing Decisions

Abstract

This study aims to determine the effect of brand image, electronic word of mouth, and promotions on purchasing decisions. The data source used in this research is primary data collected through the distribution of questionnaires. The population of this study consists of TikTok Shop users in South Jakarta. The sampling technique used is nonprobability sampling, with a purposive sampling method based on Lemeshow's formula, resulting in a sample size of 98 respondents. The analytical tool used is SPSS version 29. The findings of this study indicate that brand image, electronic word of mouth, and promotions have a significant effect on Purchasing Decisions.

References

Aprianti, W., & Tjiptodjojo, K. I. (2023). Pengaruh brand ambassador, brand awareness, dan brand image terhadap keputusan pembelian skincare Scarlett Whitening. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1275–1282. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1645

Ghozali, I. (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS (Edisi ke-4). Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harum, A. S., Nasution, M. A., & Firah, A. (2023). Pengaruh tipe produk dan merek produk terhadap keputusan membeli produk Shell Lubricant pada PT. Dinamika Lubsindo Utama Medan. Warta Dharmawangsa, 17(1), 1–8. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i1.2917

Ifah, N., Djaelani, A. K., & Millaningtyas, R. (2023). Pengaruh e-service quality, e-trust, dan e-WOM terhadap keputusan pembelian pada onlineshop (Studi pada pengguna onlineshop di Kota Malang). Riset, Jurnal Prodi Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 12(01), 510–518.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi ke-12, Jilid 1 & 2). PT Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh brand image, brand trust, dan digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Emina (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh online customer review, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee (Studi kasus pada mahasiswa UBSI). Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439–450. https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1704

Waliq, R., Waliq, R., Safitra Hidayat, R., & Lukito Wibowo, F. (2024). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Baihaqi Clothing Muslim Tanah Abang di Jakarta Pusat). Jimat, 1(3), 27–35.

Downloads

Published

2025-02-11

How to Cite

Falah Khairunnisa, & Yugi Setyarko. (2025). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian : (Studi pada Pengguna Tiktok Shop di Jakarta Selatan). Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 26–37. https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i2.3057