Analisis Usaha pada Keripik Singkong Raihanah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan Ditinjau dari Aspek Pemasaran, Teknis dan Operasional

Authors

  • Rahmidilla IAI Darul Ulum Kandangan
  • Saida Ramlah IAI Darul Ulum Kandangan
  • Siti Maisyarah IAI Darul Ulum Kandangan
  • Faizah IAI Darul Ulum Kandangan
  • Muhammad Firliadi Noor Salim IAI Darul Ulum Kandangan

DOI:

https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i1.2863

Keywords:

Analisis Usaha, Keripik Singkong, Aspek Kelayakan

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah seperti bisnis keripik singkong, memiliki peran signifikan dalam perekonomian Indonesia. Namun, banyak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah menghadapi tantangan dalam mengidentifikasi faktor keberhasilan potensial dan mengembangkan strategi untuk tetap kompetitif di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usaha keripik singkong "Raihanah" dari aspek pemasaran, teknis, dan operasional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis ini memiliki potensi keberlanjutan yang tinggi, didukung oleh pengelolaan produk yang efektif, diversifikasi produk, dan efisiensi operasional. Namun, tantangan seperti fluktuasi harga bahan baku dan ketergantungan pada musim panen menjadi hambatan yang perlu diatasi. Strategi mitigasi berupa pengelolaan stok bahan baku dan pengembangan pemasaran digital telah diidentifikasi sebagai solusi utama. Dengan penerapan manajemen risiko dan optimalisasi strategi pemasaran, bisnis ini menunjukkan prospek cerah untuk tumbuh dan berkontribusi pada pengembangan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

 

 

References

Aliefah, A. N., & Nandasari, E. A. (2022). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pemasaran dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen. LABITILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(01), 40–56. https://doi.org/10.33507/labatila.v5i02.475

Benny, Hasan, G., Flowrensia, D., Jessica, Jessy, Permata, N. S., & Rovina. (2023). Analisis Manajemen Operasional, Hubungan Pelanggan dan Pemasaran Digital pada PT Astra Honda Motor. YUME: Journal of Management, 6(2), 648–659.

Berliani, D. N., & Abadi, M. T. (2023). Analisis Studi Kelayakan Bisnis pada Usaha Keripik Singkong (Studi Kasus Usaha Keripik Singkong S3 di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. Business and Management Journal, 1(2), 60–68.

Harahap, K., Suwatika, I. W. kayun, & Pahrul. (2024). Perencanaan dan Pengembangan Bisnis. Medan: PT Media Penerbit Indonesia.

Istiqomah, & Andriyanto, I. (2018). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Kaliputu Kudus). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 363. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3019

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2011). Strategic management: formulation, implementation, and control (12th ed). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Putri, E. N., Lutfi, Z. K., Dwiyanti, A., & W, R. . W. K. (2024). Analisis Studi Kelayakan Bisnis pada UMKM “Keripik Singkong YY Putra” Ditinjau dari Aspek Hukum, Pemasaran, Operasional, Ekonomi dan Sosial. Eknomi Revolusioner, (107), 76–81.

Ridwan, & Saprudin. (2024). Pembangunan Ekonomi Regional: Edisi Revisi. Yogyakarta: Yayasan Sahabat Alam Rafflesia.

Suryani, A., Masyhuri, Waluyati, L. R., & Utami, A. W. (2023). Risk Analysis on the Cassava Value Chain in Central Lampung Regency. AGRARIS: Journal of Agribusiness and Rural Development Research, 9(2), 150–173. https://doi.org/10.18196/agraris.v9i2.333

Syahputra, Salean, F. J., Nurhayati, N., Sarvasa, I. G. N., Darmawan, E. D., Ningsih, F., … Mbado, M. R. (2023). Studi Kelayakan Bisnis. Bali: Infes Media.

Wulandari, A., & Mulyanto, H. (2024). Manajemen Rantai Pasokan. Sumatera Utara: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Yuniar, V., Br Bangun, C. F., Bugis, S. W., & Suharti, S. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis pada Pengembangan UMKM Usaha Tahu dan Tempe di Desa Pondok Jeruk Ditinjau dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 142–151. https://doi.org/10.47467/manageria.v2i2.929

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Rahmidilla, Saida Ramlah, Siti Maisyarah, Faizah, & Muhammad Firliadi Noor Salim. (2024). Analisis Usaha pada Keripik Singkong Raihanah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan Ditinjau dari Aspek Pemasaran, Teknis dan Operasional. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(1), 166–175. https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i1.2863