Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan BRT Trans Jateng Semarang–Grobogan
DOI:
https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i1.2776Keywords:
Price Perception, Service Quality, Consumer SatisfactionAbstract
The purpose of this study: (1) To test and analyze the effect of price perceptions on customer satisfaction of BRT Trans Jateng. (2) Testing and analyzing service quality on BRT Trans Jateng customer satisfaction. The subjects of this study were Trans Jateng BRT (Bus Rapid Transit) consumers in 2023. This study used a quantitative approach with data collection methods using a questionnaire. The population in this study is unknown. This study used a random sampling method with a sample of 100 respondents. The data analysis method used is multiple linear regression analysis. The results showed that (1) Price perception has a positive effect on customer satisfaction for BRT Trans Central Java. (2) Service quality has a positive effect on BRT Trans Jateng customer satisfaction.
References
Apriyanto, H. (2022). Pengelolaan BRT Trans Semarang dalam pelayanan transportasi masyarakat pada Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang koridor I Mangkang–Penggaron.
Apurijau, J. F. (2018). Kinerja Bus Rapid Trans Jateng (Studi kasus koridor 1 Semarang–Bawen). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Atmini, N. D., Indradno, J., & Krisdiyanto, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah Bank BCA cabang Kranggan Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i1.328
Brt Trans Jateng. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Trans_Jateng
Fazlina, R. (2017). Tingkat layanan dan persepsi masyarakat terhadap angkutan umum di Kota Meulaboh. Fakultas Teknik Sipil, Universitas Teuku Umar, Meulaboh.
Fitriyana, M., & Dharmawan, D. (2018). Pengaruh kualitas layanan jasa dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. Bukit Apit Bumi Persada. UNKRIS Jakarta Timur.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 23 (Edisi ke-8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasanah, H. (2020). Pengaruh kesesuaian harga dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang melalui kualitas layanan sebagai variabel intervening. Universitas Negeri Semarang.
Hengki, M., Simarmata, P., Saragih, D. Y., & Panjaitan, N. J. (2018). Peningkatan kualitas layanan untuk kepuasan pelanggan Hotel Sapadia. Politeknik Bisnis Indonesia.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kasiram, M. (2008). Metodologi penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.
Kastori, R. (2022). Globalisasi bidang transportasi. Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi.
Kotler, P. (2003). Manajemen pemasaran (Edisi ke-11). Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Amstrong. (2017). Manajemen pemasaran. Jakarta: Indeks.
Lee, S., & Lawson-Body, A. (2011). Perceived dynamic pricing. Journal of Industrial Management & Data System.
Marlius, D., & Putriani, I. (2019). Kepuasan nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Tapan Cabang Painan dilihat dari kualitas layanan customer service. Akademi Keuangan dan Perbankan Padang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP.
Monroe, K. B. (2003). Pricing: Making profitable decision. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.
Nugraha, S. B. S., & Setiawati, C. I. (2021). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace Shopee. Universitas Telkom, Bandung.
Primasani, Y., Sulistyadi, K., & Sebriana, R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan BRT Trans Jateng. Universitas Sahid Surakarta.
Putra, B. M. (2019). Asisten Ombudsman Bidang Pemeriksaan Laporan Sulawesi Selatan.
Ristanto, H., Aditya, G., & Catur. (2021). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian (Studi pada CV Mitra Sejati Foamindo Semarang). Jurnal Bingkai Ekonomi, 6(1), 58–71. http://itbsemarang.ac.id/jbe/index.php/jbe33
Sari, N. Y., Sutomo, Y., & Nurdiyanto, A. D. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada Cuci Motor Pojok Berkah 024). Jurnal Bingkai Ekonomi, 7(2), 52–61. https://doi.org/10.54066/jbe.v7i2.221
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2005). Strategi pemasaran (Edisi ke-2). Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran (Edisi ke-3). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Utami, C. W. (2006). Manajemen ritel (Strategi dan implementasi ritel modern). Jakarta: Salemba Empat.