Bisnis Platform Pencatatan Nutrisi Makanan Untuk Membantu Pola Makan Yang Sehat

Authors

  • Bima Julian Mahardhika Institut Pertanian Bogor
  • Budy Santoso Institut Pertanian Bogor
  • Muhamad Ali Imron Institut Pertanian Bogor
  • Wien Kuntari Institut Pertanian Bogor

DOI:

https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i1.2762

Keywords:

Technopreneurship, Strategi Pemasaran Digital, Pola Makan Sehat, Kesehatan Digital, Manajemen Nutrisi

Abstract

Dalam era digital, kebutuhan akan gaya hidup sehat semakin menjadi perhatian utama masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform pencatatan nutrisi makanan berbasis teknologi untuk membantu individu mengelola pola makan sehat. Platform ini, bernama Foody, menawarkan fitur-fitur seperti pencatatan konsumsi makanan harian, kalkulator Indeks Massa Tubuh (BMI), dan rekomendasi makanan berbasis kecerdasan buatan (AI). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis strategi pemasaran dan pengembangan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi seperti AI mampu memberikan nilai tambah dengan otomatisasi pencatatan nutrisi dan personalisasi rekomendasi makanan, yang secara signifikan meningkatkan pengalaman pengguna. Foody juga memanfaatkan strategi pemasaran digital melalui media sosial dan situs web untuk menjangkau target pasar yang berorientasi pada kesehatan. Dengan demikian, aplikasi ini tidak hanya memberikan solusi praktis dalam mendukung gaya hidup sehat, tetapi juga menciptakan peluang bisnis yang inovatif di bidang technopreneurship. Foody berpotensi menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan pengelolaan kesehatan gizi masyarakat, sekaligus membuka jalan bagi inovasi di industri kesehatan digital.

References

Aini, F. N., Handoko, L. H., & Armen, R. E. (2023). Analisis Fiqh Muamalah terhadap Penghasilan pada Aplikasi BuzzBreak. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 6(2), 276. https://doi.org/10.21043/tawazun.v6i2.22735

Anggraini, D. (2024). KECERDASAN BUATAN (AI) DAN NILAI CO-CREATION DALAM PENJUALAN B2B (BUSINESS-TO-BUSINESS). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi, 1(2). https://doi.org/10.25126/justsi.v1i2.7

Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DI STAFFEE.CA BOUQUET SIDOARJO. 6(4).

Astuti, S. W., Andayani, Y., Al-Idrus, S. W., & Purwoko, A. A. (2019). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Kehidupan Sehari-hari Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Chemistry Education Practice, 1(2), 20. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.952

Dharma Nurhalim, A. (2023). Pentingnya Etika Bisnis Sebagai Upaya dalam Kemajuan Perusahaan. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 14(2a), 11–20. https://doi.org/10.47927/jikb.v14i2a.536

Heryani, R. D., Sulistyaniningsih, E., Susilawati, S., & Tukiran, M. (2023). PENGARUH SELF EFFICACY DAN LITERASI TECHNOPRENEURSHIP TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNINDRA. Research and Development Journal of Education, 9(1), 188. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.15052

Jati, L. J., Sulastri, S., Talidobel, S., & Assa’ady, M. C. U. (2024). PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PEMBUATAN BMC BERDASARKAN ANALISIS SWOT DAN PEMASARAN BERBASIS TEKNOLOGI UMKM PISANG COKLAT.

Rustamana, A., Rohmah, N., Natasya, P. F., Raihan, R., & Tirtayasa, U. S. A. (2024). KONSEP PROPOSAL PENELITIAN DENGAN JENIS PENELITIAN KUALITATIF PENDEKATAN DESKRIPTIF. 5.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi. 7.

Yugan, E., Amir, Y., & Fitri, A. (2023). Gambaran aktivitas fisik dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) pada anak usia sekolah. FLORONA : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(2), 104–110. https://doi.org/10.55904/florona.v2i2.905

Downloads

Published

2024-12-11

How to Cite

Mahardhika, B. J., Santoso, B., Ali Imron , M., & Kuntari, W. (2024). Bisnis Platform Pencatatan Nutrisi Makanan Untuk Membantu Pola Makan Yang Sehat . Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(1), 71–85. https://doi.org/10.58192/wawasan.v3i1.2762