ANALISIS MASUKNYA AIR KE DALAM FURNACE PADA AUXILIARY BOILER PADA KAPAL
DOI:
https://doi.org/10.58192/unitech.v2i1.673Keywords:
Fishbone, Ketel Uap, USG.Abstract
Sebuah ketel uap harus cukup kuat supaya dapat bekerja dengan aman pada tekanan tertentu, sehingga perlu dilengkapi pesawat-pesawat keamanan. Masinis di atas kapal mempunyai tuntutan agar secara rutin melakukan perawatan pada ketel uap bantu dengan berpegangan pada manual book yang sudah dibuat maker. Berdasarkan pengalaman saat berlayar di salah satu kapal ditemukan suatu kejadian bahwa auxiliary boiler beroperasi serta mengeluarkan uap bertekanan yang berguna untuk kecukupan kebutuhan uap di atas kapal. Bunyi pada alarm yang setelah diperiksa pada panel auxiliary boiler, ternyata alarm muncul pada flame failure dan lowest water level, sedangkan feed pump beroperasi normal serta masih dalam keadaan mengisi air ke dalam auxiliary boiler. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang dapat mengakibatkan air masuk ke dalam furnace, mengetahui dampak yang dapat terjadi jika air masuk ke dalam furnace serta mengetahui langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masuknya air ke dalam Furnace. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, maupun dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah fishbone diagram dan USG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masuknya air ke dalam auxiliary boiler disebabkan oleh retaknya dinding furnace. Dampak yang ditimbulkan yaitu terganggunya proses pembakaran di dalam furnace serta kerusakan pada komponen-komponen burner. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengelas bagian dinding furnace yang retak agar air tidak masuk ke dalam furnace.
References
Djokosetyardjo, IR M J. 2003. Ketel Uap Cetakan Kelima. Pradnya Paramita. Jakarta. Fadhilah, Ridho. 2014. Makalah Ketel Uap. https:/www.academia.edu , diakses tanggal 10
Januari 2022.
Handiyan, Victoria. 2017. Analisis Penyebab Kegagalan Pembakaran Pada Burner Boiler di Atas Kapal. Jurnal Dinamika Bahari Vol 8 No 1.
Kardjono, S A. 1986. Ketel Uap dan Sistem Tenaga Uap. Cepu Jawa Tengah.
Manual Book, 1996, Composite System Vertical Water Tube Boiler OEVC Type. Osaka
Boiler. Osaka Japan.
Raharjo, R. K. 2017. Prioritas Pencegahan Kegagalan Pembakaran pada Boiler di MV.
Brussels Bridge. Prosiding Seminar Bidang Teknika Pelayaran Vol. 7 No 2
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung
Taher, M Usemahu. 2018. Optimalisasi Pengoperasian Boiler dalam Memproduksi Uap untuk Menunjang Pengoperasian Kapal MV Sinar Kutai. METEOR STIP Marunda. Vol 11 No 2.
Yulianti, Wida. 2017. Kurang Optimalnya Pembakaran Pada Auxiliary Boiler yang
Menghambat Proses Bongkar Muat di MT Enduro. Jurnal Dinamika Bahari Vol 8
No 1.