ANALISIS MASUKNYA AIR KE DALAM FURNACE PADA AUXILIARY BOILER PADA KAPAL

Authors

  • Agus Andriyanto UNIMAR AMNI SEMARANG
  • Lilin Hermawati UNIMAR AMNI SEMARANG
  • Purwanto UNIMAR AMNI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.58192/unitech.v2i1.673

Keywords:

Fishbone, Ketel Uap, USG.

Abstract

Sebuah ketel uap  harus cukup  kuat  supaya  dapat  bekerja  dengan  aman pada tekanan tertentu, sehingga perlu dilengkapi pesawat-pesawat keamanan. Masinis di atas kapal mempunyai tuntutan agar secara rutin melakukan perawatan pada ketel uap bantu dengan berpegangan pada manual book yang sudah dibuat maker. Berdasarkan pengalaman saat berlayar di salah satu kapal ditemukan suatu kejadian bahwa auxiliary boiler beroperasi serta mengeluarkan uap bertekanan yang berguna untuk kecukupan kebutuhan uap di atas kapal. Bunyi pada alarm yang setelah diperiksa pada panel auxiliary boiler, ternyata alarm muncul pada flame failure dan lowest water level, sedangkan feed pump beroperasi normal serta masih dalam keadaan mengisi air ke dalam auxiliary boiler. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang dapat mengakibatkan air masuk ke dalam furnace, mengetahui dampak yang dapat terjadi jika air  masuk ke dalam furnace serta mengetahui langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masuknya air ke dalam Furnace. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer maupun data sekunder. Teknik pengumpulan data yang  digunakan  adalah  wawancara,  observasi,  maupun  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  yang digunakan adalah fishbone diagram dan USG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masuknya air ke dalam auxiliary boiler  disebabkan oleh retaknya dinding  furnace. Dampak  yang  ditimbulkan  yaitu terganggunya proses pembakaran di dalam furnace serta kerusakan pada komponen-komponen burner. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengelas bagian dinding furnace yang retak agar air tidak masuk ke dalam furnace.

References

Djokosetyardjo, IR M J. 2003. Ketel Uap Cetakan Kelima. Pradnya Paramita. Jakarta. Fadhilah, Ridho. 2014. Makalah Ketel Uap. https:/www.academia.edu , diakses tanggal 10

Januari 2022.

Handiyan, Victoria. 2017. Analisis Penyebab Kegagalan Pembakaran Pada Burner Boiler di Atas Kapal. Jurnal Dinamika Bahari Vol 8 No 1.

Kardjono, S A. 1986. Ketel Uap dan Sistem Tenaga Uap. Cepu Jawa Tengah.

Manual Book, 1996, Composite System Vertical Water Tube Boiler OEVC Type. Osaka

Boiler. Osaka Japan.

Raharjo, R. K. 2017. Prioritas Pencegahan Kegagalan Pembakaran pada Boiler di MV.

Brussels Bridge. Prosiding Seminar Bidang Teknika Pelayaran Vol. 7 No 2

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung

Taher, M Usemahu. 2018. Optimalisasi Pengoperasian Boiler dalam Memproduksi Uap untuk Menunjang Pengoperasian Kapal MV Sinar Kutai. METEOR STIP Marunda. Vol 11 No 2.

Yulianti, Wida. 2017. Kurang Optimalnya Pembakaran Pada Auxiliary Boiler yang

Menghambat Proses Bongkar Muat di MT Enduro. Jurnal Dinamika Bahari Vol 8

No 1.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Agus Andriyanto, Lilin Hermawati, & Purwanto. (2023). ANALISIS MASUKNYA AIR KE DALAM FURNACE PADA AUXILIARY BOILER PADA KAPAL. Jurnal Universal Technic, 2(1), 97–111. https://doi.org/10.58192/unitech.v2i1.673