Pengoptimalan Perawatan Dan Pengujian System Safety Device Pada Mesin Induk Mitsubishi Di Tb. MBS 2000 1 PT. Alusteel Engineering Indonesia

Authors

  • Syadam Arviyoga Pratama UNIMAR AMNI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.58192/unitech.v1i2.415

Abstract

Main engine merupakan mesin utama pada kapal yang terdiri dari beberapa unit yang berfungsi untuk menggerakkan kapal. Sebelum kapal beroperasi, kondisi main engine harus dipastikan dalam keadaan baik. Untuk memastikan mesin dalam keadaan baik, perlu dilakukan perawatan dan pengujian untuk menjaga keamanan mesin. Pengujian dilakukan menggunakan system safety device yang merupakan salah satu perangkat keamanan yang digunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada main engine. Pengujian safety device ini dilakukan untuk memastikan pada saat mesin beroperasi, kecepatan dan suhu dari mesin tersebut dalam kondisi sesuai standard yang sudah ditetapkan agar mesin beroperasi dalam keadaan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keamanan dan keselamatan diesel main engine melalui beberapa tahapan pengujian safety device dengan standard yang sudah ditetapkan oleh perusahaan mesin dan disetujui oleh Biro Klasifikasi Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode pengamatan secara langsung saat proses pengujian. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan pengujian safety device melalui tahapan mulai dari pengujian fresh water temperature, pengujian oil pressure, pengujian oil leaking, pengujian over speed. Dari keempat pengujian tersebut maka didapatkan hasil yang optimal dan aman dalam mengoperasikan mesin induk kapal Tug Boat karena memenuhi persyaratan sistem safety device dari standar maker serta di approve oleh Biro Klasifikasi Indonesia.

References

A Tri Novian, (2015), “SISTEM INFORMASI AUXILIARY ENGINE HND MWM TBD 234 V8 MENGGUNAKAN VISUAL BASIC PADA KAPAL KM. MERATUS BENOA”. https://repository.its.ac.id

Abdul Halim, (2021), “PEMBUAT SAFETY DEVICE COOLING DOWN AUTOMATIC PADA UNIT HEAVY EQUIPMENT DOZER D3K CATERPILLAR BERBASIS MICROCONTROLLER”. https://jurnal.pnj.ac.id

Hidayat, (2016), “Metode Pengamatan Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Loekman Satibi, Irfan Purnawan, Lisa Nazifah, (2013), “Mesin Penggerak Utama (Prime Mover)”. Graha Ilmu , Jakarta.

M. Darma, (2010), “ANALISIS KONDISI MESIN INDUK KAPAL DENGAN APLIKASI METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM”. https://mmt.its.ac.id

M. Iqbal Amanulloh, (2019), “KINERJA SAFETY DEVICE PADA ENGINE CATERPILLAR 3066”. https://prosiding.pnj.ac.id

Mitsubishi, (2011), “Operation & Maintenance Manual,” Mitsubishi Diesel S6R,S6R2, p.47,. https://www.det-mitsubishi.com

M. Othling and C. Four, (1984), “Engines for Power Generation,” Mech. Eng., p.5,. https://f.hubspotusercontent10.net

Rabiman, Zainal Arifin, (2011), “Sistem Bahan Bakar Motor Diesel”. Graha Ilmu , Yogyakarta.

Sugiyono, (2019), “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.” Bandung:Alphabet

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Syadam Arviyoga Pratama. (2022). Pengoptimalan Perawatan Dan Pengujian System Safety Device Pada Mesin Induk Mitsubishi Di Tb. MBS 2000 1 PT. Alusteel Engineering Indonesia. Jurnal Universal Technic, 1(2), 96–109. https://doi.org/10.58192/unitech.v1i2.415