Pengembangan Video Interaktif Berbasis Edpuzzle Kompetensi Dasar Fusion Pastry Bakery Pada Siswa SMK

Authors

  • Graciella Yolanda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.684

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengetahui  kelayakan media dan materi pada kompetensi fusion pastry bakery, 2) mengetahui respon siswa setelah menggunakan video interaktif berbasis edpuzzle. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Namun, karena keterbatasan, maka penelitian ini hanya sampai pada development (pengembangan) karena hanya menargetkan hasil produk video interaktif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan subjek 3 validator media yang merupakan dosen, 3 validator materi dari dosen dan guru pastry bakery SMK dan siswa kelas XII Tata Boga. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dan analisis data ini dilakukan secara prosentase. Penelitian ini menunjukkan 1) kelayakan media menunjukkan hasil sangat layak (87,73%) dan kelayakan materi menunjukkan hasil sangat layak (90,30%), 2) respon siswa menunjukkan hasil sangat layak (86%). Dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran video interaktif berbasis edpuzzle pada kompetensi fusion pastry bakery di SMKN 2 Mojokerto sangat layak digunakan. Berdasarkan hal ini maka media edpuzzle bisa diimplementasikan pada pembelajaran fusion pastry bakery di sekolah yang berbeda.

References

Demayanti, Febria, and Sunaryo Soenarto. 2018. “Pengembangan Video Pembelajaran Bumbu Dan Rempah Pada Mata Pelajaranpengolahan Makanan Kontinental.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5(1). doi: 10.21831/jitp.v5i1.14028.

Kinanti, Lutfia Putri, and Sudirman Sudirman. 2018. “Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas Xi Sma Negeri Di Kota Bandung.” Sosietas 7(1):341–45. doi: 10.17509/sosietas.v7i1.10347.

Nurwati, Nani, and Heni Purwanti. 2022. “Pemanfaatan Video Tutorial (Demonstrasi) Pada Pembelajaran Pcki Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah WUNY 3(2):1–17. doi: 10.21831/jwuny.v3i2.42426.

Oktafiani, Dian, Lukman Nulhakim, and Trian Pamungkas Alamsyah. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV.” MIMBAR PGSD Undiksha 8(3):527–40.

Prasetyoningtyas, A., and D. A. Waluyo. 2022. “Pengembangan Video Tutorial Untuk Pembelajaran Bakery Pastry Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Education and … 10(1):167–71.

Rochmah, Noviatul, and Nur Cahyadi. 2020. “Pelatihan Dan Pendampingan Penerapan Students Respond System Dengan Menggunakan Kahoot Di SMK Dharmawanita Gresik.” Community Service 2(3):488–98.

Sugestiana, Sugestiana, and Joko Soebagyo. 2022. “Respon Siswa Terhadap Implementasi Media Edpuzzle Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Basicedu 6(2):2637–46. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2439.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Graciella Yolanda. (2023). Pengembangan Video Interaktif Berbasis Edpuzzle Kompetensi Dasar Fusion Pastry Bakery Pada Siswa SMK. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 277–289. https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.684